mgid.com, 610011, DIRECT, d4c29acad76ce94f
17 Juni 2024

Dipimpin Presiden Jokowi, Pj Bupati Inhil Ikuti Peringatan Harlah Pancasila di Kota Dumai

0

Kenakan pakaian adat suku banjar, Pj Bupati Inhil, Herman (pojok kiri) ikuti peringatan Harlah Pancasila Tahun 2024 di Kota Dumai/Foto: Ist

Dumai, detikriau.id – Mengenakan pakaian adat suku Banjar, Penjabat Bupati Indragiri Hilir, H. Herman, SE, MT mengikuti upacara bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 Secara nasional yang diselenggarakan di Lapangan Garuda PHR Kota Dumai, Blok Rokan Provinsi Riau. Sabtu (1/6/2024)

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sekaligus tampil sebagai inspektur upacara (irup).

Seperti diketahui bahwa setiap tanggal 1 Juni, diselenggarakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara nasional oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Tahun ini upacara (1 Juni 2024) secara nasional digelar di Kota Dumai.

Sebagai informasi, tahun ini peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024 mengusung tema ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045’. Peringatan ini sebagai bentuk Pancasila dalam tindakan dan pelaksanaan pengarusutamaan Pancasila sebagai panduan dalam seluruh bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Turut hadir Menteri ATR Agus Harimurti Yudhoyono, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Selain itu, terlihat ada Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPD RI AA Lanyalla Mahmud Mattalitti, Kepala BIN Budi Gunawan, dan Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja, Pj Gubernur dan Bupati walikota se-provinsi Riau serta undangan lainnya.

Presiden Joko Widodo menjelaskan bahwa jamin kekayaan negara sepenuhnya untuk kemakmuran rakyat. Kita juga harus aktif mengambil alih kembali aset-aset strategis bangsa, kelola dan manfaatkan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat, kesejahteraan masyarakat.

“Salah satunya adalah Blok Rokan di Riau ini, tempat yang kita pakai untuk upacara peringatan Hari Lahir Pancasila,” ungkapnya.

Presiden menambahkan, PT Freeport dan Blok Rokan hanyalah sedikit contoh dari semangat dan upaya Indonesia untuk kedaulatan politik dan kemandirian ekonomi guna mengamalkan Pancasila dalam kehidupan nyata.

Sementara itu dalam keterangan singkat nya Pj Bupati Inhil Herman mengatakan ” Pancasila merupakan wadah pemersatu Bangsa oleh karena itu peringatan Hari Lahir Pancasila hendaknya menjadi momentum untuk memperkuat rasa gotong royong, solidaritas dan rasa persatuan yang kuat khusus nya untuk pembangunan di segala bidang dalam menopang kemajuan di Riau khususnya Kabupaten Indragiri Hilir.” Ucap Pj Bupati Inhil, Herman

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!