mgid.com, 610011, DIRECT, d4c29acad76ce94f
17 Juni 2024

Sosialisasi Dunia Jurnalistik, PWI Goes To School Sambangi SMAN 2 Tebingtinggi

0

Meranti, detikriau.id – Pasca kegiatan Goes To School yang dilakukan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Tebingtinggi Barat beberapa waktu lalu, kini Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kepulauan Meranti, kembali menggelar kegiatan Goes To School di salah satu SMA Negeri di Kepulauan Meranti.

SMA Negeri 2 Tebingtinggi terpilih menjadi target dari kegiatan Goes To School kali ini. Diikuti puluhan siswa, kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruangan Labor SMAN 2 Tebingtinggi Jalan Handayani. Senin (27/05/24) pagi.

Kepala Sekolah (Kepsek) SMAN 2 Tebingtinggi, Haryuniati, diwakili Wakil Kepala Sekolah (Wakepsek) Bidang Kesiswaan, Sumaryatno, menyambut baik kedatangan PWI dengan program Goes To School tersebut.

Menurutnya, program PWI yang digadang-gadang sebagai program unggulan tentu dapat menambah minat baca serta pemahaman siswa terhadap dunia jurnalistik.

“Nanti, saat pemateri memberikan pemahaman tentang jurnalistik. Saya harap siswa yang hadir dapat aktif dan menyimak apa saja hal-hal yang harus diperhatikan dalam penulisan sebuah berita,” kata Yatno.

Pada kesempatan yang sama, Ketua PWI Kabupaten Kepulauan Meranti, Safrizal, diwakili Seksi Bidang Pendidikan, Masnur, menjelaskan bahwa pengetahuan tentang jurnalistik tidak semata-mata mengacu pada penulisan berita saja. Diperlukan pemahaman seperti Kode Etik Jurnalistik, UU No 40 tentang Pers, dan pemahaman lainnya agar berita yang dihasilkan dapat menjadi berita yang layak untuk diterbitkan.

“Pada kunjungan kali ini, kami hanya menjelaskan secara garis besar apa-apa saja yang perlu kalian ketahui didalam dunia jurnalistik,” beber Masnur.

Dalam pemaparannya, Masnur menjelaskan tentang teknik penulisan berita, baik itu straight news maupun feature.

Dia mengaku senang dengan antusiasme para pelajar dalam mengikuti kegiatan tersebut. Menurutnya, ini menunjukkan keingintahuan mereka tentang jurnalistik.

“Kami senang dengan keaktifan siswa/siswi bertanya seputar dunia jurnalistik. Menunjukkan rasa ingin tau terhadap dunia jurnalistik itulah tujuan kami,” ungkapnya.

Diakhir sesi, salah satu siswi Kelas Sepuluh, Juwiras Utari, memberikan respon positif terhadap kegiatan Goes To School tersebut. Katanya, program ini sangat bagus karena mampu memupuk minat pelajar agar semakin tertarik dalam membaca berita.

“Kedepannya, kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan dapat tersalurkan ke seluruh Sekolah SMA/SMK yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti,” ungkap siswi itu./*

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!