mgid.com, 610011, DIRECT, d4c29acad76ce94f
25 April 2024

PJ Gubri Intruksikan Bupati dan Walikota Waspada Karhutla. 4 Daerah tetapkan Status Siaga Darurat.

0

Kebakaran Hutan dan Lahan/Foto Ilustrasi: Internet

Pekanbaru, detikriau.id – Penjabat Gubernur Riau, SF Hariyanto instruksikan kepada Bupati dan Walikota di Riau untuk menjaga wilayahnya dari ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Pj Gubernur bahkan meminta kepada Bupati dan Wallikota memberikan perhatian serius terhadap karhutla. Ancaman karhutla yang berdampak terjadinya bencana kabut asap, bukan saja mengganggu Kesehatan namun juga bisa mengganggu perekonomian, social dan Pendidikan.

“Saya minta bupati dan walikota, tolong dijaga wilayahnya masing-masing, jangan sampai terjadi kebakaran lahan dan dibiarkan meluas,” kata Pj Gubri.

Pj Gubri tidak ingin kebakaran di Bumi Lancang Kuning berdampak secara nasional, karena kabut asap yang timbul akibat kebakaran yang meluas.

“Jangan sampai kebakaran berdampak secara nasional. Jadi mari kita jaga wilayah kita dari kebakaran, agar daerah kita aman dan kondusif, sehingga masyarakat yang menjalankan ibadah puasa tentram dan tidak terganggu adanya kabut asap,” katanya. 

Hingga rabu, 27/3/2024, empat daerah di Riau telahtetapkan status siaga karhutla, yakni Kota Dumai, Bengkalis, Siak dan Meranti.

“yang terbaru baru menetapkan status siaga darurat Karhutla adalah Meranti, jadi total 4 daerah di Riau yang sudah menetapkan status siaga darurat Karhutla,” kata Kabid Kedaruratan BPBD Riau, Jim Ghofur, Rabu (27/3/2024).

“Akan menyusul Pelalawan, saat ini sedang dalam pembahasan untuk penempatan status siaga darurat Karhutla,”tambahnya.

Sementara untuk update kondisi Karhutla di Riau, saat ini masih dua daerah yang masih dalam proses pemadaman. Yakni di Dumai dan Meranti.

“Karhutla yang masih proses pendinginan ada di Meranti dan Dumai,” akhirinya./mcr/editor:dri

Tinggalkan Balasan