mgid.com, 610011, DIRECT, d4c29acad76ce94f
25 April 2024

PKB “Tunaikan Dendam” dari Partai Gerindra di Dapil Inhil 5

0

Foto: Int

Inhil,, detikriau.id – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kembali merebut sekaligus mendudukan kadernya dari Daerah Pemilihan (Dapil) Indragiri Hilir 5 ke kursi DPRD Inhil pada Pemilu 2024. Kemenangan ini sekaligus bentuk tekad menunaikan “dendam” PKB terhadap Partai Gerindra.

Pemilu 2019 yang lalu, PKB dikalahkan dalam perebutan suara oleh Partai Gerindra dan harus kehilangan kursi DPRD Inhil dari Dapil ini.

Berdasarkan data rapat pleno terbuka penghitungan hasil perolehan suara Tingkat Kecamatan (Enok, Kuindra, Tanah Merah, dan Concong) yang diterima detikriau.id, Tidak hanya sukses “balas dendam” dengan Partai Gerindra, PKB juga sukses bertengger di posisi pertama perebutan suara. Partai dengan Ketua Umum Muhaimin Iskandar ini memperoleh total suara 10.367. Kadernya, Muhammad Amin dengan perolehan suara pribadi 4.478 dipastikan merebut kursi pertama.

Untuk kursi ke dua dari total enam kursi DPRD Inhil dari Dapil ini direbut oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan total perolehan suara 7.641. Caleg incumbennya, sekaligus Ketua DPC PDIP Inhil, Samino tercatat  mengumpulkan suara pribadi terbanyak 5.139 suara.

Untuk kursi ketiga direbut Partai Golkar dengan total perolehan suara 5.865. HM Yusuf Said kembali menduduki kursi DPRD Inhil setelah sempat ditinggalkan selama satu periode dengan mengalahan rival satu partainya dalam perebutan suara, caleg incumbent, Edy Haryanto Sindrang.

Kursi ke-empat direbut Partai Persatuan Pembangunan dengan total perolehan 5.675 suara. Caleg nomor urut 2, Mhd Azis dengan perolehan suara pribadi 3.087 berhasil mengungguli jauh dalam perebutan suara dari caleg incumbent Andi Hamzah yang hanya mengumpulkan suara pribadi 1.747.

Untuk kursi ke-lima, wajah lama, H Taufik Hidayat Kembali menduduki kursinya di DPRD Inhil. Caleg partai Nasdem ini berhasil mengumpulkan 4.205 suara pribadi. Secara total, Partai dengan nama besar Surya Paloh ini meraup 5.224 suara.

Untuk kursi terakhir direbut oleh Partai Demokrat dengan total suara 5.001. Partai berlambang mercy ini mendudukan kadernya Rahmatang, dengan perolehan suara pribadi 2.779 untuk duduk di kursi DPRD Inhil.

Dalam Pemilu 2024 ini, Partai Gerindra hanya berhasil mengumpulkan total 3.785 suara dan tersingkir dari perebutan jatah kursi DPRD Inhil/fs

Tinggalkan Balasan