mgid.com, 610011, DIRECT, d4c29acad76ce94f
25 April 2024

Pertamakali, Partai PERINDO Sukses Dudukan Wakilnya di DPRD Inhil

0

Logo Partai Persatuan Indonesia (Perindo)/Int

“Golkar rebut dukungan suara partai terbanyak. Caleg PKB, Mu’ammar unggul dengan perolehan suara pribadi.”

Inhil, detikriau.id – Untuk pertama kali, Partai Perindo berhasil mendudukan kader terbaiknya sebagai “penyambung lidah” rakyat di Gedung DPRD Inhil. Hj Darnawati mengumpulkan perolehan dukungan  pribadi sebanyak 5.633 suara dan diprediksi kuat menduduki kursi ke delapan dari Dapil Indragiri Hilir 6.

Secara keseluruhan, berdasarkan data pleno kecamatan dari dapil Inhil 6, (Kecamatan Reteh, Kec Keritang, Kec Kemuning, dan Kec Sungai Batang) yang diterima detikriau.id, Partai dengan ketua umum Hary Tanoesoedibjo ini memperoleh dukungan 6.181 suara.

Pendatang baru dari Inhil bagian Selatan ini sekaligus menggeser dominasi Partai Bulan Bintang (PBB) dengan kader terbaiknya, Siti Bungatang. Untuk Dapil Inhil 6 pada Pemilu serentak tahun 2024 ini, PBB hanya berhasil mengumpulkan dukungan total 2.987 suara.

Untuk Dapil dengan jatah kursi terbanyak DPRD Inhil (10 kursi.red), Partai Golkar sukses merebut suara terbanyak. Golkar mengumpulkan dukungan suara partai sebanyak 14.841 suara. Jatah kursi pertama Dapil Inhil 6 diduduki oleh Drs M Jamil Laena dengan perolehan suara pribadi sebanyak 4.562.

Selanjutnya untuk kursi kedua, Partai dengan nama besar Megawati Soekarno Putri, PDIP masih menunjukkan dominasinya. PDIP meraup total dukungan 9.892 suara. Jatah kursi kedua direbut oleh Muh Iqbal SH.,MH dengan perolehan suara pribadi 3.313. caleg pendatang baru ini sukses mengungguli caleg incumbent dari partaianya M Kausar yang hanya meraup dukungan 2.364 suara.

Untuk kursi ke-tiga, PKB juga masih memiliki taji. PKB meraup dukungan 9.475 suara. Jatah kursi ini Kembali diduduki caleg incumbentnya Mu’ammar AR, S.Sos,I., M.Si dengan dukungan 6.479 suara pribadi terbanyak.

Jatah kursi ke-empat, direbut oleh R Yosi Hesti,S.Ip dengan dukungan 3.021 suara pribadi. Pendatang anyar dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini sukses menyingkirkan caleg incumbent dari partainya, Abdurrahman,M.Si yang hanya berhasil mengumpulkan 2.705 suara. PKS secara total diDapil 6 memperoleh dukungan 8.403 suara.

Kursi ke-lima  direbut Andi Rusli dengan perolehan 4.822 suara pribadi. Caleg incumbent Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini kembali sukses menunjukkan kepiawaian politiknya. PPP secara total meraup dukungan 7.837 suara di Dapil Inhil 6.

Untuk posisi selanjutnya, kursi ke-enam direbut Partai Amanat Nasional (PAN) dengan perolehan 7.167 suara dan mendudukan calegnya Buono Abdi di DPRD Inhil dengan perolehan suara probadi 4.254 suara.

Kursi ke-tujuh direbut Partai Nasdem dengan perolehan 6.260 suara. Mohd Sukamto didaulat mewakili partainya dengan perolehan 2.453 suara pribadi.

Kursi ke-sembilan direbut Partai Demokrat dengan 5.505 suara dan caleg incumbent, Muhammad Sabit,SH sukses mempertahankan kursi panasnya dengan dukungan 4.670 suara pribadi.

Untuk jatah kursi ke-10, direbut partai dengan ketua umum Prabowo Subianto dengan perolehan 5.276 suara. Partai Gerindra menduudkan caleg incumbentnya Muhammad Wahyudin dengan perolehan suara pribadi 3.335 untuk Kembali mewakili rakyat di DPRD Inhil./fs

Tinggalkan Balasan