mgid.com, 610011, DIRECT, d4c29acad76ce94f
17 Juni 2024

Bupati Inhil Dukung Hadirnya Rumah Singgah Baznas

0

Bupati Inhil, HM Wardan/foto: Ist

Inhil, detikriau.id – Bupati Indragiri Hilir (Inhil) H.Muhammad Wardan mendukung Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Inhil dalam penyediaan rumah singgah bagi pasien rawat jalan dan keluarganya.

Rumah Singgah Baznas yang terletak di Jalan Pangeran Hidayat gg. Harapan Baru, sebuah lokasi jalur pelabuhan dan akses yang dekat dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Puri Husada Tembilahan.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhil mendukung penuh upaya Baznas Inhil ini, Muhammad Wardan menilai kehadiran rumah singgah dapat meringankan beban masyarakat.

“Alhamdulillah Baznas Inhil telah menyediakan Rumah Singgah yang lokasinya strategis karena dekat pelabuhan dan dekat dengan rumah sakit. Hal ini sangat bermanfaat sekali bagi warga inhil yang tidak berdomisili di tembilahan dan tentunya bagi keluarga kurang mampu dan Pemkab. Inhil tentu juga akan memberi dukungan kepada Baznas melalui program-program sosialnya”, tutur Bupati.

Ketua Baznas Inhil Yunus Hasby menyampaikan, Rumah Singgah Baznas dapat dimanfaatkan secara gratis oleh masyarakat.

“Kita tahu banyak masyarakat daerah yang datang jauh-jauh ke Tembilahan untuk berobat, mereka harus memikirkan biaya transportasi dan biaya pengobatan. Nah dengan adanya rumah singgah ini pasien dan keluarga tidak perlu lagi memikirkan biaya penginapan dan karena lokasinya di depan RSUD, ” jelas Yunus.

Kehadiran Rumah Singgah Baznas juga mendapat apresiasi dari Baznas Provinsi Riau yang dijumpai awak media saat melakukan monitoring dan evaluasi di Inhil pada Kamis 14 September 2023.

“Saya mengapresiasi program yang dilakukan Baznas Inhil, agar program seperti ini dapat terus berjalan tidak terlepas dukungan dari Pembayar Zakat. Jika kewajiban membayar zakat terlaksana dengan optimal maka akan semakin banyak masyarakat yang mendapat bantuan,” kata Jamaluddin selaku Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Zakat Baznas Provinsi Riau.

Apresiasi atas kinerja Baznas juga diungkapkan Direktur RSUD Puri Husada Tembilahan, dr. Saut Pakpahan.

“Rumah Singgah ini memang sangat diperlukan masyarakat, karena selama ini saya jumpai banyak keluarga pasien yang tidur di koridor rumah sakit karena tidak ada biaya untuk penginapan dan mereka tidak punya keluarga di Tembilahan”, ungkap dr. Saut.

Berdasarkan informasi dari Baznas, peresmian Rumah Singgah diagendakan pada akhir bulan september 2023 nanti./*

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!