mgid.com, 610011, DIRECT, d4c29acad76ce94f
17 Juni 2024

Dugaan Kebocoran Soal Uji Kompetensi. DR Wandi: Dipastikan Tidak Benar!

0

tangkapan layar file dugaan bocoran lembar soal uji kompetensi bakal calon kades di Inhil/ foto: Ist

Inhil, detikriau.id – Beredarnya screenshot foto diduga bocoran lembaran soal uji kompetensi tertulis bagi peserta bakal calon kepala Desa pada helat Pilkades Serentak Inhil 2023 dipastikan tidak benar.

Menurut DR Wandi, SH.,MH, kepastian itu didapatkan setelah dilakukan crosscheck atas lembaran soal yang diduga bocor dan ternyata berbeda atau dipastikan tidak sama dengan lembaran soal yang diujikan dalam uji kompetensi.

“Kami sudah lakukan pemeriksaan fisik atas lembaran soal yang diduga bocor tersebut, kenyataannya berbeda dengan lembar soal yang kita keluarkan untuk bahan uji kompetensi. Hal ini juga diperkuat dengan logika bahwa jikalah benar ada kebocoran soal tentunya peserta yang menerima bocoran akan menjawab seluruhnya benar.,” Disampaikan DR Wandi kepada detikriau.id melalui sambungan gawai, selasa

Wandi juga menyebutkan bahwa dari hasil pertemuan dengan pihak yang mengaku mendapatkan informasi bocoran soal tersebut hal ini sengaja dilakukan untuk mendiskreditkan tim penguji dan dijadikan celah masuk untuk “mempredikatkan” negatif hasil yang diperoleh dari uji kompetensi.

Sayangnya ketika dipertanyakan siapa oknum yang melakukan tindakan tersebut, Wandi menolak untuk mempublikasikannya.

“yang jelas dalam pertemuan tadi mereka sudah meminta maaf dan mengakui kekhilafannya dan berjanji untuk tidak mengulangi kembali.”

“Karena persoalan ini merupakan marwah lembaga, maka kita serius untuk menindaklanjutinya. Namun memaafkan pelaku semata dilandasi atas pertimbangan kemanusiaan. Intiya persoalan ini kami anggap selesai dengan saling memafkan dan tidak menindaklanjutinya melalui proses hukum.”Akhiri Dr Wandi yang juga menduduki jabatan selaku Direktur pasca sarjana Universitas Islam Indragiri (UNISI) Tembilahan ini.

Sebelumnya, Informasi dugaan kebocoran soal ini dibuka dalam papat audiensi lanjutan antara Himpunan Mahasiwa Islam (HMI), sejumlah Calon Kepala Desa (cakades) yang menyampaikan keberatan atas hasil pelaksanaan uji kompetensi bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) difasilitasi Komisi I diruang Banggar gedung DPRD Inhil, selasa (30/5/2023)

File dugaan kebocoran soal uji kompetensi tertulis tersebut diperlihatkan oleh salah seorang cakades dalam bentuk screenshot pesan percakapan WhatsApp. Dalam foto tangkapan layar pesan WA tersebut terlampir foto yang diduga kunci jawaban yang berlatar belakang kertas berwarna coklat, diduga berupa amplop coklat ukuran besar dan pada bagian bawah terlampir beberapa point soal esei berikut jawaban soalnya./fs

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!