mgid.com, 610011, DIRECT, d4c29acad76ce94f
28 Mei 2023

H Asmar Pinta Bekas Lahan Terbakar untuk Di Cek Kembali

Plt Bupati Meranti, H Asmar/Foto: Ist

MERANTI, detikriau.id  РPelaksana tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar meminta lahan dan hutan yang beberapa waktu lalu sempat terbakar agar dicek kembali agar tidak terjadi kebakaran susulan.

Hal itu disampaikannya saat mengikuti Rapat Koordinasi dan Analisa dan Evaluasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tahun 2023, bersama unsur Forkopimda dan perwakilan perusahaan, Sabtu (29/4/2023) kemaren di Ruang Rapat Utama Mapolres Kepulauan Meranti.

Asmar meminta seluruh pihak mulai dari unsur TNI/Polri, organisasi perangkat daerah, hingga camat dan kepala desa termasuk unsur perusahaan dan masyarakat untuk selalu berkoordinasi.

“Saya minta kepada seluruh stakeholder dapat bekerjasama dan tetap siaga dalam mencegah dan menangani Karhutla,” ujar Asmar.

Dalam kesempatan itu, dia juga memerintahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk memeriksa lahan dan hutan yang beberapa waktu lalu sempat mengalami kebakaran. Begitu juga dengan embung, kanal dan sarana pemadaman, Asmar minta dipastikan berfungsi dengan baik.

“Harap semua siaga. Kepada BPBD tolong diperhatikan operasional rekan-rekan yang turun di lapangan. Perusahaan juga saya minta aktif dan turun bersama jika terjadi kebakaran,” tegas Plt. Bupati Meranti itu.

Sebelumnya, Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul menyampaikan bahwa rakor dan anev karhutla kali ini difokuskan pada koordinasi langkah-langkah pencegahan kebakaran hutan dan lahan dengan pihak yang terkait.

“Polres Meranti sudah bekerja dengan maksimal untuk melakukan pencegahan terjadinya karhutla. Terutama Bhabinkamtibmas di desa-desa yang selalu memberikan imbauan dan sosialisasi kepada masyarakat,” ujarnya.

AKBP Andi juga menambahkan, pada awal ramadan lalu sempat terjadi kebakaran lahan lebih kurang 5 hektar di Pulau Merbau. Hal itu juga, kata Andi, sudah dilaporkan ke BPBD Provinsi Riau.

“Dengan sigap personel kita, baik dari BPBD, TNI, Polri dan masyarakat peduli api (MPA), alhamdulillah akhirnya bisa dipadamkan,” ungkap Kapolres./*/ko

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: