mgid.com, 610011, DIRECT, d4c29acad76ce94f
24 Maret 2023

Ketua DPRD Inhil Usulkan Haul Tuan Guru Sapat Masuk Agenda Resmi Pemerintah Daerah

Inhil, detikriau.id – Ketua DPRD Inhil Dr H Ferryandi mengusulkan kepada Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir untuk menjadikan peringatan wafatnya Tuan Guru Syekh Abdurrahman Siddiq Bin Syekh M Afif Al Banjari dalam agenda resmi Pemerintah Daerah sebagai salah satu even wisata religi di bumi hamparan kelapa dunia.

Usulan ini disampaikan Ferryandi dalam sambutannya saat gelaran peringatan Haul Akbar ke 86 Tuan Guru Syekh Abdurrahman Siddiq Bin Syekh M Afif Al Banjari, di Lapangan Upacara Jalan Gadjah Mada, Tembilahan, kamis (23/2) malam

Ferryandi yang sekaligus bertindak selaku panitia peringatan haul Mufti Kerjaaan Indragiri ini berharap peringatan yang setiap tahunnya dilaksanakan seperti ini menjadi barokah untuk mewujudkan Kabupaten Inhil yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghofur yaitu sebuah negeri yang mengumpulkan kebaikan alam dan kebaikan perilaku penduduknya.

“Semoga juga peringatan haul seperti ini dapat dijadikan media mempererat silaturahmi, memperkuat ibadah dalam memanfaatkan nilai-nilai keislaman.” Sebut Ferryandi

Sementara itu, Bupati Inhil HM Wardan dalam sambutannya menyebutkan  atas nama Pemerintah Kabupaten menyatakan dukungan sekaligus menyambut baik dilaksanakannya haul akbar ini, sekaligus Bupati juga menyebut akan mempertimbangkan usulan yang saimpaikan Ketua DPRD Inhil untuk menjadikan peringatan Haul Tuan Guru Syekh Abdurrahman Siddiq Bin Syekh M Afif Al Banjari dalam agenda resmi Pemerintah Daerah.

“Usulan ini akan kita pertimbangkan, nanti kita akan coba sesuaikan dengan berbagai agenda even wisata religi yang sebelumnya sudah masuk dalam agenda rutin,” Ujar Bupati

Foto: detikriau.id

Menurut Bupati, Syekh Abdurrahman Siddiq Bin Syekh M Afif Al Banjari  atau yang juga dikenal dengan Tuan Guru Sapat ini memiliki jasa dan peran sangat penting dalam memyebarkan syiar islam. Bukan hanya di Kabupaten  inhil tapi juga di beberapa daerah di Nusantara dan bahkan sampai ke mancanegara.

Tuan Guru Sapat  merupakan seorang ulama yang cerdas.Banyak karya beliau yang istimewa. Salah satunya syair yang cukup terkenal yakni “syair ibarat kabar kiamat”. Salah satu peninggalan tuan guru adalah masjid tua di parit hidayat yang dibangun sekitar tahun 1927.

“Saya bangga dan bersyukur setiap tahun haulan ini mendapat antusias tinggi dari masyarakat. Tidak hanya oleh masyarakat inhil sendiri tapi bahkan hingga keluar derah,”

“Mari jadikan kegiatan ini, tidak hanya sebagai perekat ukuwah tapi juga untuk meningkatkan iman dan taqwa kepad allah,” Imbau Bupati

Bupati juga mnegajak agar masyarakat untuk tetap menjaga perstuan dan kesatuan,  hindari pertikaian dan tetap hidup secara rukun dan damai.

“Mari.kita sama-sama berdoa agar alm tuan syech mendapat tempat terbaik disisi allah. al fatihah,” Akhiri Bupati

Disamping dihadiri ribuan masyarakat, Haul Akbar ke-86 Tuan Guru Syekh Abdurrahman Siddiq Bin Syekh M Afif Al Banjari yang pertama kalinya diadakan di Ibukota Kabupaten Indragiri Hilir ini juga dihadiri sejumlah tokoh agama dari Provinsi Kalimantan Selatan, Forkopimda Inhil, serta sejumlah tamu undangan.

Kegiatan Haul Akbar ke 86 Tuan Guru Sapat ini ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Al Ustad KH Rusli Kurnain./ red

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: