mgid.com, 610011, DIRECT, d4c29acad76ce94f
23 Februari 2024

Bupati Adil Ikut Perang Air Cian Cui Imlek 2023

0

Meranti, detikriau.id – Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, SH, MM beserta keluarga ikut festival perang air imlek 2023 atau juga dikenal dengan nama Cian Cui di Selatpanjang, Kamis (26/1/2023).

Menggunakan becak motor bupati, istri dan ketiga anaknya membaur bersama ribuan masyarakat lainnya berkeliling kota sembari ikut menyiram dan disiram air. Tak pelak orang nomor satu di Kepulauan Meranti itu pun basah kuyup.

Sebelumnya, saat seremonial pembukaan, Adil mengatakan festival perang air tersebut merupakan upaya nyata Pemkab Kepulauan Meranti bersama masyarakat Tionghoa untuk mendedahkan serta menempatkan tradisi tersebut sebagai salah satu ikon pariwisata di Kota Selatpanjang.

“Untuk seluruh lapisan masyarakat, mari bersama-sama kita mendukung suksesnya penyelenggaraan kegiatan festival perang air ini,” ajak Bupati.

Selain itu, festival perang air juga, katanya, merupakan salah satu upaya Pemkab untuk mengangkat, memelihara, melestarikan serta menumbuh- kembangkan bentuk tradisi masyarakat luas.

“Mari kita dukung budaya lokal ini supaya menjadi salah satu kekayaan budaya bangsa yang membanggakan. Saya minta jaga ketertiban dan saling bertoleransi antar corak suku bangsa yang ada di Meranti,” harapnya.

Kepada salah seorang aktor ibu kota asal Kepulauan Meranti, Choky Andriano yang turut hadir dalam kegiatan itu untuk mempromosikan event tersebut.

“Tahun depan mas Choky, seluruh warga yang ada di Jakarta dibawa kesini semua. Biar mereka tau di Meranti itu adalah kota yang sangat cinta dengan budaya yang ada di seluruh Indonesia, terang Adil.

Choky Andriano mengatakan bahwa kehidupan masyarakat antar etnis si Kepulauan Meranti sangat akur. Hal itu menurutnya terlihat dari hubungan warga Tionghoa dengan multi etnis lainnya.

“Sebelum saya kenal Pak Bupati, saya sudah sempat melihat dia viral di medsos. Tapi saya salut, saya dukung Bupatinya paling berani, dan beraninya untuk masyarakat Meranti, top banget,” ujarnya.

Hadir dalam pembukaan tersebut unsur pimpinan Forkopimda Kepulauan Meranti, Sekretaris Daerah Bambang Suprianto, para staf ahli, para asisten, pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti, Ketua dan Pengurus Yayasan PSMTI Kabupaten Kepulauan Meranti, Ketua dan Pengurus Forum Kerukunan Masyarakat Kepulauan Meranti, organisasi dan paguyuban se-Kabupaten Kepulauan Meranti, peserta festival perang air, dan masyarakat lainnya./*

Tinggalkan Balasan