mgid.com, 610011, DIRECT, d4c29acad76ce94f
30 Januari 2023

Duduk Bersama Pengurus Klenteng, Kapolres : Kami Siap Amankan Imlek dan Cuan Cui

Meranti, detikriau.id – Kapolres Kepulauan Meranti Polda Riau, AKBP Andi Yul LTG SH SIK MH, menyatakan bahwa pihaknya siap. menjaga, mengawal, dan mengamankan perayaan Imlek dan Cian Cui tahun 2022.

Hal itu disampaikannya dalam kegiatan Jumat Curhat bersama pengurus klenteng se-Kecamatan Tebingtinggi, di kantor PSMTI Jln Rumbia, Selatpanjang.

“Kami dari kepolisian tentunya akan hadir untuk menjaga, mengawal situasi Kamtibmas saat perayaan Imlek nantinya,” ungkap AKBP Andi dalam pertemuan tersebut.

Tidak hanya itu, pihaknya juga akan mengeluarkan surat izin keramaian untuk kegiatan Cian Cui (Perang air). Dikarenakan, dalam kegiatan ini akan banyak wisatawan dari luar negeri maupun luar daerah untuk berdatangan ke Kepulauan Meranti.

“Dalam rangkaian pelaksanaan perayaan imlek, kita himbau agar memperhatikan protokol kesehatan (prokes) Covid-19,” imbaunya.

Lebih lanjut, di kesempatan itu Kapolres Kepulauan Meranti juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengantisipasi peredaran narkoba. Mengingat wilayah ini merupakan daerah perbatasan pulau terluar yang dijadikan pintu masuk narkoba.

“Mari bersama kita antisipasi peredaran dan penyalahgunaan narkoba. Selain itu, situasi kamtibmas harus terus kita jaga agar tetap kondusif,” ajak AKBP Andi Yul.

Ketua Panitia Pawai Imlek Tjuan An, berharap bantuan pengamanan tidak hanya sebatas pada perayaan Imlek dan Cian Cui saja, namun juga di pelabuhan Tanjung Harapan Selatpanjang yang menjadi sarana arus mudik perayaan tahun baru Imlek.

Merespon harapan panitia tersebut, Kapolres mengatakan bahwa untuk pengamanan di pelabuhan Tanjung Harapan, pihaknya selalu menyiagakan personel.

“Pengamanan untuk pelabuhan selalu siaga dari anggota kita dari Polairud dan KP3. Nantinya kita akan melakukan penambahan personel untuk mengantisipasi membludak nya arus mudik dan kerawanan gangguan Kamtibamas,” ujarnya.

“Kemudian berkaitan dengan Cian Cui atau Perang Air, maka kita akan melaksanakan rapat bersama Pemda dan elemen masyarakat untuk menentukan jadwal pelaksanaannya,” tutur Kapolres.

Hadir mendampingi Kapolres saat Jumat Curhat kali ini, Kabag Ops Polres Kepulauan Meranti Kompol Yudi Setiawan SH MH, Ketua PSMTI Aan, Sekretaris PSMTI Suwandi, Ketua Makin (Majelis Konghucu Indonesia) Kepulauan Meranti Djalius, para Kasatfung dan perwira Polres, serta puluhan pengurus Klenteng se-Kecamatan Tebingtinggi./*

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: