mgid.com, 610011, DIRECT, d4c29acad76ce94f
30 Januari 2023

Mengkonsumsi Jantung Pisang, Baikah untuk Kesehatan?

Jantung Pisang/Foto: detikriau.id

Detikriau.id – Jantung pisang merupakan bunga pohon pisang yang sebahagiannya akan berubah menjadi buah pisang setelah matang. Masyarakat melayu kerap memanfaatkan jantung pisang sebagai salah satu bahan olahan panganan.

Namun dari sisi kesehatan, mengkonsumsi jantung pisang apakah memberi dampak baik untuk kesehatan atau bahkan mungkin sebaliknya?

Dilansir laman klikdokter, jantung pisang ternyata merupakan sumber vitamin, mineral, maupun serat yang baik untuk kesehatan.

Kandungan jantung pisang antara lain terdiri dari; kalori (51 Kcal), protein (1,6 g), lemak (0,6 g), karbohidrat (9,9 g), serat (57 g), kalsium (56 mg), fosfor (73,3 mg), zat besi (56,4 mg), kalium (553,3 mg), magnesium (48,7 mg), dan vitamin E (1,07 mg).

Bahan-bahan yang terkandung ini disebutkan memiliki sederet manfaat untuk kesehatan, diantaranya;

menyembuhkan infeksi

Jantung pisang memiliki kandungan etanol. Etanol ini dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri pathogen.

Mempercepat penyembuhan luka dan mencegah perkembangan malaria.

Ekstrak kandungan etanol pada jantung pisang menurut hasil penelitian memiliki manfaat tersebut.

Menangani Diabetes

Khasiat jantung pisang dipercaya dapat mengurangi kadar gula darah. Namun, hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Sangat penting untuk menjaga pola makan dan menghindari makanan maupun minuman tinggi gula untuk dapat mengontrol kadar gula di dalam darah.

Mengatasi Anemia

Konsumsi jantung pisang dianggap berpotensi dalam meningkatkan hemoglobin di dalam tubuh.

Kandungan jantung pisang, yakni serat dan zat besi, dapat membantu memproduksi sel darah merah sehingga mengatasi gejala anemia. Namun, hal ini juga masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.  Sangat penting untuk makan makanan dengan gizi seimbang agar kebutuhan gizi dapat terpenuhi dengan baik dan terhindar dari anemia.

Meningkatkan Laktasi

Bagi para ibu yang sedang menyusui, jantung pisang sangat baik dikonsumsi. Khasiat jantung pisang juga dipercaya dapat menjaga kesehatan selama masa kehamilan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, jantung pisang bisa dikombinasikan dengan rempah-rempah.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kandungan serat di dalam jantung pisang dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Jika kamu mengalami sembelit atau sulit untuk BAB, konsumsi jantung pisang dapat membantu mengatasinya.

Melawan Radikal Bebas

Manfaat jantung pisang untuk kesehatan berikutnya adalah membantu untuk melawan radikal bebas. Manfaat ini bisa didapatkan dari banyaknya antioksidan yang terkandung di dalam jantung pisang.

Mencegah Penuaan Dini

Selain memerangi radikal bebas, jantung pisang juga dinilai dapat membantu mengobati kanker dan mengurangi penuaan dini. Agar memperoleh hasil yang maksimal, kamu bisa menambahkan suplemen kesehatan untuk meningkatkan manfaat dari sifat antioksidannya.

Mengurangi Pendarahan Haid Berat

Mengonsumsi jantung pisang dengan yoghurt dipercaya menjadi salah satu cara paling efisien untuk mengobati perdarahan yang berlebihan saat menstruasi. Kombinasi itu dapat meningkatkan progesteron di dalam tubuh. Hal ini pada akhirnya dapat mengurangi perdarahan yang berhubungan dengan menstruasi.

Sumber Vitamin dan Mineral

Kandungan jantung pisang terdiri dari beragam makronutrien dan mikronutrien yang tadi disebutkan di atas. Mengonsumsinya dalam batas wajar tentu dapat mendukung kesehatan kamu.

Meningkatkan Penyerapan Makanan

Bunga pisang kaya akan serat larut dan tidak larut. Serat larut memungkinkan makanan melewati saluran pencernaan dengan mudah, karena larut di dalam air dan membentuk gel. Sementara, serat tidak larut membantu sebagian besar produk yang tidak tercerna karena tidak larut di dalam air. Keduanya meningkatkan pencernaan dan penyerapan makanan yang sehat.

editor: red/sumber: klikdokter.com

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: