mgid.com, 610011, DIRECT, d4c29acad76ce94f
30 Januari 2023

Bupati HM Adil Lantik 18 Pejabat Fungsional dan Tutup Diklat PKA

Bupati HM Adil saat memberikan amaran kepada peserta PKA/Foto Ist

MERANTI, detikriau.id — Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, SH, MM melantik Pejabat Fungsional di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti sekaligus Penutupan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan IX dan X Tahun 2022 di Aula Gedung Hijau Kantor Bupati, Rabu (28/12/2022).

Plt. Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kepulauan Meranti, Muhlisin S.Kom mengatakan kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya Pemkab dalam meningkatkan Indeks Profesional Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Kepulauan Meranti yang tergolong masih rendah.

Kegiatan itu juga sekaligus Penutupan Diklat PKA yang diikuti 63 peserta dari angkatan IX sebanyak 29 orang dan angkatan X sebayak 34 orang.

“Kepada seluruh peserta diharapkan Diklat ini bisa menjadi motivasi dan pemicu untuk mendongkrak Indeks Profesional ASN di Kepulauan Meranti,” harap Muhlisin.

Kepala BPSDM Provinsi Riau, Drs. Asrizal, M.Pd, dalam sambutannya mengatakan dari 63 peserta yang mengikuti pelatihan PKA dari angkatan IX dan X semua dinyatakan lulus dengan predikat memuaskan dan sangat memuaskan yakni di atas nilai delapan.

Melihat UU No. 5 tahun 2014, Asrizal menyebutkan ada 3 fungsi ASN yaitu melaksanakan kebijakan publik, pelayanan masyarakat dan pemersatu bangsa.

“Jadi kita lihat dari PP 17 tahun 2020, tentang manajemen ASN, dalam melaksanakan 3 fungsi tersebut ASN membutuhkan kemampuan pengetahuan, keterampilan dan sikap sesuai dengan standarnya,” ujar Kepala BPSDM Provinsi Riau itu.

Bupati H.M Adil mengucapkan selamat kepada pejabat yang baru saja dilantik, semoga semua bersungguh-sungguh dalam mengemban amanah sebagai pelayan masyarakat di Kabupaten Kepulauan Meranti.

“Dengan dilakukannya pelantikan pejabat fungsional ini, semoga dapat memberi suasana baru di setiap OPD yang ditempati,” ujar Adil.

Pelaksanaan promosi dan mutasi jabatan ini, tambahnya, merupakan hal yang biasa dalam penyelenggaraan pemerintahan, dengan tujuan untuk peningkatan karir Aparatur Sipil Negara (ASN) serta merupakan suatu proses penyegaran pada Organisasi Perangkat Daerah(OPD) dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

“Yang paling utama, dapat menjadi motor penggerak demi mewujudkan Kabupaten Kepulauan Meranti maju, cerdas dan bermartabat,” terangnya.

Bupati juga berharap kepada para pejabat yang baru saja dilantik agar senantiasa bersemangat, bekerja keras dan menjunjung tinggi komitmen PNS. Serta berusaha meningkatkan kedisiplinan, profesionalitas, loyalitas dan integritas sebagai abdi negara sekaligus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

“Semoga setelah dilakukannya pelatihan ini, peserta mampu membuat perubahan atau inovasi serta dapat meningkatkan kinerja pada OPD masing-masing,” tutup Bupati.

Kepada delapan orang lulusan terbaik yang selesai mengikuti pelatihan PKA, Bupati berharap minimal jabatannya bertahan atau naik . “Mungkin yang Kabid bisa jadi Sekretaris, karena ada posisi strategis yang harus diisi oleh orang-orang yang berkualitas,” ungkap Adil.

Hadir dalam pelantikan tersebut, Sekretaris Daerah Bambang Suprianto, staf ahli, para Asisten, pimpinan OPD, pejabat yang baru dilantik, panitia pelaksana, dan seluruh peserta PKA angkatan IX dan X di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti.*/ko

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: