mgid.com, 610011, DIRECT, d4c29acad76ce94f
30 Januari 2023

Wujudkan Kondusifitas Politik dan Keamanan Menjelang Pemilu 2024, Kesbangpol Inhil Taja Pendidikan Wawasan Kebangsaan

Asisiten III Bidang Administrasi Umum Pemkab Inhil, H Tengku Jauhari membacakan sambutan BUpati HM Wardan pada acara pembukaan Pendidikan Wawasan Kebangsaan tajaan Kesbangpol Inhil, senin (26/12/22)/Foto: Ist

Inhil, detikriau.id – Badan Kesbangpol Inhil laksanakan kegiatan Pembukaan  Pendidikan Wawasan Kebangsaan bertemakan” Kita Tingkatkan Kesatuan Berbangsa Dan Bernegara Menyongsong Pemilu 2024″ disalah satu hotel, jalan Kartini Tembilahan, senin (26/12/22)

Hadiri dalam kegiatan ini Bupati Inhil diwakili Asisiten III Bidang Administrasi Umum, H Tengku Jauhari, Dandim 0314 Inhil diwakili Pasi Pers, Letda Arm Muchazzar, Kapolres Inhil diwakili Kasat Bimas AKP Nasri Suardi, Kaban Kesbangpol Inhil, H Arifin, Sekcam Kecamatan Tembilahan Ibnu,  Ketua KPU Inhil Herdian Asmi, Ketua Bawaslu Inhil, Muhammad Dong, Ketua Forum Pembauran Kebangsaan ( FPK ) Inhil H. Zaini Awang serta Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

Bupati Inhil dalam sambutan tertulisnya menyebutkan bahwa Pemilu Nasional tahun 2024 mendatang merupakan sarana perwujudan kedaulatan rakyat guna menghasilkan pemerintahan yang demokratis berdasarkan Pancasila dan undang-undang dasar tahun 1945

Penyelenggaraan pemilihan umum secara langsung umum bebas rahasia jujur dan adil dikatakan Bupati dapat diwujudkan apabila dilaksanakan oleh penyelenggara pemilu yang mempunyai integritas profesionalitas dan akuntabilitas dengan melalui serangkaian tahapan-tahapan mulai tahapan persiapan pemutakhiran data dan pendaftaran pemilih pencalonan kampanye, pemungutan dan perhitungan suara serta partisipasi seluruh masyarakat Indonesia dalam tahapan-tahapan pemilu tersebut .

“Oleh karena itu setiap elemen bangsa hendaklah berpijak sesuai dengan potensi yang dimilikinya untuk mendukung dan mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Umum Nasional tersebut”, Sebut Bupati

Sementara itu, Kaban Kesbangpol Inhil, H Arifin mengatakan bahwa pelaksanaan Pemilu Nasional merupakan ujian yang sesungguhnya bagi bangsa Indonesia dalam menjalankan demokrasi dan seluruh pihak juga harus bisa menunjukan bahwa Indonesia adalah negara yang berdemokrasi.

Dalam kaitan hal inilah pemerintah daerah melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Indragiri Hilir menyelenggarakan kegiatan pendidikan wawasan kebangsaan bagi tokoh-tokoh masyarakat dan agama guna memberikan informasi dan pemahaman terhadap kesadaran berbangsa dan bernegara.

“Termasuk juga meningkatkan dan mengubah kembali rasa nasionalisme cinta tanah air setia kepada Pancasila dan undang-undang dasar 1945 serta negara kesatuan republik Indonesia,” Dikatakan Arifin.

Masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Inhil, lanjut Arifin, terdiri dari berbagai suku, etnis, agama dan budaya yang majemuk dan kompleks. Keberagaman ini merupakan unsur yang sangat strategis untuk membangun bangsa Indonesia,.

“Untuk itu, Pemilu 2024 membutuhkan komitmen persatuan dari seluruh pihak dan solidaritas seluruh elemen bangsa untuk melahirkan pemerintahan yang kuat. Pelaksanaan pesta demokrasi yang demokratis dan jurdil  tentu memerlukan stabilitas politik dan keamanan yang kondusif”, Akhiri Arifin./red

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: