mgid.com, 610011, DIRECT, d4c29acad76ce94f
30 Januari 2023

Polres Meranti Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Lancang Kuning 2022

Wakil Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H Asmar menyematkan pita tanda petugas pelaksana Operasi Lilin Lancang Kuning 2022/Foto: Humas Polres Meranti/Ist

Meranti, detikriau.id – Polres Kepulauan Meranti, Polda Riau, bertempat di halaman Mapolres, melaksanakan upacara gelar pasukan dalam rangka Operasi Lilin Lancang Kuning Tahun 2022, kamis (22/12/2022) pagi,

Apel gabungan yang dipimpin Wakil Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H Asmar tersebut dihadiri Wakapolres Kompol Robet Arizal SSos, para Pju dan perwira Polres, Danramil 02 Tebingtinggi Kapten (Arh) Isnanu, Danpos AL Selatpanjang diwakili Serma Mujiyatno, Plt Kalaksa BPBD Kepulauan Meranti Eko Setiawan, Kadishub Piskot Ginting, KSOP Selatpanjang diwakili Suharto, dan ratusan peserta yang terdiri dari personel Polres, TNI, Satpol PP, Dishub serta Dinkes.

Wabup H Asmar dalam arahannya membacakan amanat Kapolda Riau Irjen M Iqbal, mengatakan bahwa apel gelar pasukan secara serentak tersebut dilaksanakan untuk mengawali operasi Lilin tahun 2022 yang akan berlangsung mulai tanggal 23 Desember 2022 sampai dengan 02 Januari 2023 mendatang.

“Perayaan Nataru (natal dan tahun baru) tentunya akan meningkatkan mobilitas masyarakat, sehingga berpotensi timbulnya gangguan kamtibmas dan kamseltibcarlantas serta penyebaran Covid-19. Oleh karena itu, mari kita tingkatkan sinergi untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat,” ujarnya.

Untuk itu, sambungnya, pada pelaksanaan nataru tahun ini sangat perlu lebih berhati-hati, khususnya dalam mengantisipasi penyebaran varian Covid-19 (Omicron) yang mengakibatkan lonjakan kasus di beberapa wilayah Indonesia.

“Merujuk pada hasil anev ops Lilin Lancang Kuning tahun sebelumnya terkait laka lantas, bahwa masih terdapat angka kecelakaan yang mengakibatkan meninggal dunia, sehingga diperlukan sinergi mendorong kamseltibcarlantas bagi pengendara demi kenyamanan merayakan natal 2022 dan tahun baru 2023,” ungkapnya.

Ditekankan perlunya antisipasi dan pencegahan sedini mungkin potensi-potensi aksi teror yang dapat meresahkan masyarakat dalam melaksanakan nataru.

“Asas keselamatan rakyat sebagai hukum tertinggi. ‘Salus Populi Suprema Lex Esto’ menjadi atensi dan tanggungjawab kita bersama. Oleh karena itu, Polri dengan dukungan dari TNI, pemerintah daerah, dan pemangku kepentingan lainnya menyelenggarakan operasi Lilin 2022 selama 11 hari. Fokus pengamanan adalah 1.841 objek yang terdiri dari 1.461 gereja, 146 pusat perbelanjaan, 111 objek wisata, 59 objek pergantian tahun baru, 32 terminal, 31 pelabuhan dan 6 bandara yang tersebar di seluruh wilayah Provinsi Riau,” bebernya.

Lebih lanjut disampaikan Irjen Iqbal, bahwa Operasi Lilin Lancang Kuning-2022 akan melibatkan 3.063 personel gabungan yang terdiri atas 1.188 personel polri, 1.875 personel yang berasal dari TNI dan instansi terkait. Antara lain Satpol PP, Dishub Dinkes, Pramuka, Damkar, Linmas, Senkom dan instansi lainnya. K”ekuatan personel tersebut akan ditempatkan pada 34 pos pengamanan dan 22 pos pelayanan.

“Selain itu, dua minggu sebelum pelaksanaan operasi, yakni tanggal 9 sampai dengan 20 Desember 2022, Polda Riau dan Polres jajaran juga telah melaksanakan ops Pekat Cipta Kondisi jelang ops Lilin Lancang Kuning. Sasarannya meliputi pemberantasan curat, curas, curanmor, prostitusi, judi, miras dan aksi premanisme,” beber Irjen Iqbal lagi.

Pengamanan ini, tegasnya, tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa, sehingga cenderung under estimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat. Apalagi di masa pandemi Covid-19 dan ancaman nyata aksi terorisme.

“Jangan sampai kegiatan Nataru menjadi tidak khidmat dan tidak nyaman.

Untuk itu, saya harapkan seluruh¬† personel mampu menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan aplikatif serta cara bertindak yang tepat, efektif dan efisien dalam mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada,” harapnya.

Usai apel, Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul LTG SH SIK MH melalui Wakapolres Kompol Robet Arizal SSos mengharapkan operasi Lilin Lancang Kuning tahun ini dapat terlaksana dengan baik.

“Kita harapkan semua personel gabungan yang terlibat dapat bertugas secara maksimal dengan sinergitas seluruh pihak dan elemen masyarakat. Mudah-mudahan Nataru tahun ini berjalan lancar dan kondusif, tanpa ada gangguan situasi kamtibmas,” harap Kompol Robet./*/editor: eko

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: