mgid.com, 610011, DIRECT, d4c29acad76ce94f
30 Januari 2023

Kapolres Inhil Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Nataru

Kapolres Inhil AKBP Norhayat SIK menyematkan pita kepada petugas pelaksana pengamanan nataru/Foto: Humas Polres Inhil/Ist

Inhil, detikriau.id –  Polres Indragiri Hilir (Inhil), Polda Riau melaksanakan kegiatan Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Lancang Kuning 2022 dalam rangka Pengamanan Natal 2022 dan tahun Baru (Nataru) 2023, Kamis (22/12/2022) pagi di Lapangan Mapolres Inhil.

Dihadapan peserta Apel, Kapolres Inhil AKBP Norhayat SIK membacakan amanat dari Kapolri. Ia mengatakan Apel Gelar Pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarana prasarana.

“Diharapkan pengamanan dapat terselenggara secara optimal dan sinergi, sehingga perayaan Natal 2022 serta Tahun Baru 2023 (Nataru) mampu berjalan dengan kondusif,” ujarnya.

Seperti ditahui bersama bahwa laju pertumbuhan Covid-19 di Indonesia sudah terkendali, sehingga pemerintah memberikan pelonggaran berbagai aktivitas masyarakat.

“Momentum Nataru selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia di setiap penghujung tahun dengan melaksanakan berbagai kegiatan, sehingga tentunya berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat,” kata Kapolres Inhil AKBP Norhayat.

Hal tersebut sebagaimana hasil survei dari Kemenhub, bahwa diperkirakan akan ada 44,17 juta orang melakukan pergerakan pada Nataru tahun ini.

“Operasi Lilin 2022 terdiri dari total 166.322 personel gabungan yang ditempatkan pada 1.845 pos pengamanan, 695 pos pelayanan dan 89 pos terpadu, guna mengamankan 52.636 objek pengamanan seluruh Indonesia,” tuturnya.

Kapolres menjelaskan, berbagai hal tersebut tentunya dipersiapkan dalam rangka mengamankan kegiatan Nataru, agar masyarakat merasa nyaman dan aman sebagaimana perintah dari Presiden Joko Widodo bahwa, “Saya minta persiapan seluruh sektor dan stakeholder dalam mengantisipasi gangguan dan masalah saat natal dan tahun baru ini betul-betul disiapkan, agar masyarakat merasa nyaman dan juga aman”.

“Kepada seluruh personel pengamanan, saya berpesan jadikan pengamanan Nataru sebagai sebuah kebanggaan. Oleh karena itu, laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, profesional, humanis dan pahami tugas maupun fungsinya masing- masing sesuai rencana operasi dengan mengedepankan langkah prediktif serta deteksi dini,” pesannya.

Ia juga berpesan agar rekan-rekan senantiasa menjaga kesehatan dan terus meningkatkan keimanan, serta ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah.

“Tanamkanlah dalam diri, bahwa apa yang kita lakukan merupakan wujud pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara, serta merupakan bagian dari ibadah itu sendiri,” tutupnya mengakhiri arahan Apel.

Untuk sekedar memberitahukan, Peserta Apel Gelar Pasukan terdiri dari 1 regu Sub Den Pom Kab. Inhil, 1 regu Kodim 0314/Inhil, 1 regu Sat Samapta Polres Inhil, 1 regu Sat Polairud Polres Inhil, 1 regu Sat Lantas Polres Inhil, 1regu Bintara Remaja Polres Inhil, 1 regu Gabungan Sat IK, Reskrim, Narkoba Polres Inhil, 1 regu Gabungan Staff, 1 (satu) regu ASN (Aparatur Sipil Negara)./*/editor: one darius

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: