mgid.com, 610011, DIRECT, d4c29acad76ce94f
17 Juni 2024

Gelar Coffe Morning, Kapolres Bersama Forkopimda Bahas Sejumlah Hal Penting

0

Kapolres Kepulauan Meranti, Polda Riau, AKBP Andi Yul LTG SH SIK MH/Foto: Ist

Meranti, detikriau.id – Kapolres Kepulauan Meranti, Polda Riau, AKBP Andi Yul LTG SH SIK MH, bersama forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) mengadakan coffe morning membahas tentang analisa dan evaluasi kamtibmas, penandatanganan berita acara penyelesaian konflik, persiapan serta pengamanan nataru (Natal dan Tahun Baru). Selasa (20/12/2022) pagi,

Giat yang berlangsung di Pujasera Jumbo Jln Ahmad Yani, Selatpanjang Kecamatan Tebingtinggi tersebut, dihadiri Asisten I Setdakab Kepulauan Meranti Drs Irmansyah MSi, Ketua DPRD Fauzi Hasan SE MIKom, Danramil 02 Tebingtinggi Kapten (Arh) Isnanu,  Danpos TNI AL Selatpanjang Letda Laut (KH) Justine, Kajari Waluyo SH MH, Ketua Pengadilan Agama Selatpanjang H Khoirul Huda SAg SH MH, Kepala Kantor Kemenag Sulman SAg, Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Selatpanjang Capt Leonardo Natal Siahaan SSiT, Kalapas Kelas IIB Selatpanjang Khairul Bahri Siregar, Kasubsi Penindakan Imigrasi Kelas II TPI Selatpanjang Rangga, Kantor Bantu Bea Cukai Selatpanjang Ega Selfiadi SAp, para PJU Polres, Kepala OPD dan lainnya.

Bupati Kepulauan Meranti melalui Asisten I Drs Irmansyah MSi, berterimakasih dan mengapresiasi atas dilaksanakannya kegiatan serta inovasi yang sangat brilian ini, dengan lokasi acara di tempat dan suasana yang baru, sehingga nantinya dapat menghadirkan pemikiran atau ide ide terkait langkah bersama dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif di daerah ini.

“Memasuki Natal dan tahun baru 2003, Pemda bersama TNI dan Polri, serta unsur lainnya agar dapat berkerjasama dalam hal pengamanan dan aspek lainnya dengan harapan kondusifitas dapat terjaga dengan baik,” ucapnya.

Kapolres AKBP Andi Yul LTG di kesempatan itu menyampaikan, bahwa melalui Coffe Morning bersama Forkopimda yang ada, pihaknya melakukan analisa dan evaluasi terkait Kamtibmas tahun ini.

Dimana, Polres bertujuan untuk memaparkan capaian kinerja, penandatangan berita acara terhadap penyelesaian konflik sosial yang terjadi di wilayah Kepulauan Meranti, serta persiapan dan kesiapan Pengamanan Natal Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023.

“Kegiatan ini sengaja kami kemas melalui coffee morning agar penuh keakraban antara kita. Sehingga, hasil dan tujuan dari pertemuan yang kita lakukan ini  dapat tercapai secara maksimal,” ujarnya.

Ia menjelaskan, dalam hal menjaga kondusifitas kamtibmas merupakan tugas pokok Polri. Namun Polri membutuhkan kerjasama dari forkopimda, instansi vertikal dan elemen masyarakat lainnya untuk mewujudkan itu.

“Kami mengucapkan terimakasih atas kerjasama selama ini, yang mana pada tahun 2022 yang secara keseluruhan situasi kamtibmas di kabupaten meranti dalam keadaan aman dan kondusif. Untuk itu, sinergitas yang baik ini perlu terus kita pertahankan dalam menyongsong agenda kamtibmas di tahun 2023 dan yang terdekat ini adalah dalam rangka mengamankan Nataru,” ajak AKBP Andi Yul.

Kapolres berharap kondusifitas kamtibmas yang selama ini terjaga dapat di pertahankan. “Kami juga mengharapkan saran dan masukan dari rekan-rekan forkopimda dan instansi vertikal untuk tugas Polri yang lebih baik kedepannya,” harap Kapolres.

Lebih lanjut, terkait dengan pengungkapan kasus pada Tahun 2022, ia menyebutkan lebih di dominasi oleh penangkapan narkoba diikuti tindak pidana lainnya. Sedangkan kasus Lakalantas 2021 nihil dan tahun 2022 terjadi kenaikan 5 kasus.

“Mengenai penanganan Covid-19, kita bersama Dinas Kesehatan dan unsur lainnya terus mengimbau masyarakat untuk vaksinasi dan menjaga Prokes. Untuk kasus narkoba merupakan hal yang harus kita perhatikan bersama dan untuk personel polres kita juga lakukan pengecekan urin secara berkala,” ungkapnya.

Selain itu, AKBP Andi Yul menyampaikan bahwa pihaknya juga telah menyalurkan program pemerintah bantuan tunai pedagang kaki lima, warung dan nelayan (BTPKLWN) kepada masyarakat di tahun 2022

“Ada juga program unggulan Polres Meranti tahun 2022, yakni Duduk Besile, subuh keliling, rumah tahfiz quran, simpas (Polisi Meranti peduli amal zakat) , Patroli bersama (Bersepeda Sapa Masyarakat), kopi liberika (komunikasi inspiratif polisi bersama komunitas masyarakat), Kamis Barokah dan Jumat Barokah. Termasuk inovasi unggulan Bhabinkamtibmas perpustakaan keliling dan mengajar bahasa Inggris di Desa Sendaur,” paparnya.

Dalam hal kerjasama, Polres sudah melaksanakan beberapa kegiatan apel bersama Pemda dan TNI dan juga vaksinasi bersama Dinkes serta pencegahan PMK.

“Menyangkut pengamanan Nataru, kita akan melaksanakan Ops Lilin dengan mengerahkan personel yang akan ditempatkan di pos pelayanan dan pengamanan, rumah ibadah serta titik rawan lainnya,” beber Kapolres lagi.

Ketua DPRD Kepulauan Meranti, Fauzi Hasan SE MIKom, juga mengapresiasi kegiatan Polres Pada Tahun 2022 dalam menjaga situasi kamtibmas yang selama ini dalam keadaan aman dan kondusif

“Kedepannya, dengan sinergitas yang baik kita yakin Meranti ini makin aman, kondusif maju dan berkah,” kata Fauzi Hasan.

Serupa itu, Kajari Kepulauan Meranti Waluyo SH MH, menilai kinerja Polres pada tahun ini sangat baik dan berprestasi.

“Kami bersama Polres saling mendukung dalam penegakan Hukum. Ini harus kita teruskan dan tingkatkan lagi dimasa mendatang,” harapnya.

Danramil 02 Tebingtinggi (Arh) Isnanu, mengatakan pihaknya terus mendukung program pemerintah kabupaten menjadikan Meranti cerdas dan bermartabat.

“Kami dari TNI senantiasa bersinergi bersama Polri menjaga situasi  kantibmas yang kondusif,” papar Isnanu.

Di kesempatan itu, sambutan juga disampaikan oleh Danposal Selatpanjang Kepala Kantor Kemenag Kepulauan Meranti, Kalapas Kelas IIB Selatpanjang, Kakanim Imigrasi Kelas II TPI Selatpanjang, Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Selatpanjang, dan Kepala Kantor Bantu Bea Cukai Selatpanjang.

Kegiatan ditutup dengan Penandatangan Berita Acara Penyelesaian Konflik Tahun 2022 dan foto bersama./*/eko

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!