mgid.com, 610011, DIRECT, d4c29acad76ce94f
14 Juli 2024

Kapolres Sampaikan Amanat pada Upacara Peringatan Hari Bela Negara di Inhil

0

Inhil, detikriau.id – Kapolres Inhil AKBP Norhayat SIK bacakan amanat presiden RI Ir H Joko Widodo bahwa seluruh warga negara harus memiliki semangat, kesadaran dan kemampuan bela Negara. Amanat ini disampaikan pada upacara peringatan hari bela negara ke-74 di lapangan kantor bupati, jalan Akasia Tembilahan, Senin (19/12/2022).

Dalam upacara ini, Kapolres bertindak selaku Pembina upacara dengan perwira upacara Pasi Pers Kodim 0314/Inhil Letda Arm Muchazzar serta komandan upacara Danramil 03/Tempuling Kapten Inf Riswanto.

Upacara dihadiri sekitar 200 orang peserta diantaranya adalah 1 SST Kodim 0314/Inhil, 1 SST Polres, 1 SST Satpol, 1SST Damkar, 1 SST BPBD,1 SST DishubInhil, 1 SST ASN Inhil,1 SST siswa/siswi SMA Tembilahan dan 1 SST Anggota Pramuka gugus 04/02 Kwarcab Inhil.

Upacara yang berlangsung khidmat ini bertemakan “Bangkit Bela Negara ku, Jaya Indonesia ku”. Peserta upacara juga mengikrarkan Bela Negara dan menyanyikan Mars Bela Negara .

Dalam amarannya Presiden juga berpesan bahwa seluruh warga Negara harus mempunyai daya tangkal dan ketangguhan dalam menghadapi situasi yang semakin berkembang pesat dan kompleks disegala bidang. Oleh karena itu haruslah terus membangun sumber daya manusia yang unggul, produktif, inovatif dan berdaya saing serta memiliki kesadaran bela negara.

Nilai-nilai dasar bela negara adalah cinta, sadar berbangsa dan bernegara, setia kepada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara dan kemampuan awal bela negara.

“Nilai-nilai ini yang harus terus diimplementasikan dalam program pembinaan kesadaran bela negara baik itu di lingkungan pendidikan, lingkungan pekerjaan maupun di lingkungan masyarakat pada umumnya,” Sampaikan Kapolres

Seluruh komponen bangsa juga diajak untuk bersama-sama menunaikan tugas dan tanggung jawab sesuai peran dan profesi masing-masing, untuk ikut serta dalam bela negara.

“Jadikan hari ini sebagai momentum bagi semua untuk semakin meningkatkan kesadaran, semangat serta tanggung jawab dalam membela negara, membangun bangsa, dan mempertahankan kedaulatan negara republik Indonesia yang kita cintai,”Demikian amanatnya./*/editor: one darius

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!