mgid.com, 610011, DIRECT, d4c29acad76ce94f
3 Desember 2022

Akademisi UNISI: Melalui G20, Indonesia dorong UMKM dapatkan permodalan yang luas

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Indragiri (UNISI) Tembilahan, Zainal Arifin Hussen/Foto: Ist

Detikriau.id – Para pemimpin negara G20 telah mengesahkan G20 Bali Leaders Declaration Adopted dan secara resmi diumumkan langsung oleh Presiden Jokowi. Hal ini mendapat perhatian Zainal Arifin Hussein selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Indragiri (UNISI) sekaligus Ketua ISEI Komisariat Tembilahan.

Menyikapi hal ini, Zainal mengatakan pihaknya menyatakan apresiasi dan dukungan atas pelaksanaan KTT G20 di Bali. “Tentu saja pelaksanaan KTT G20 ini merupakan harapan yang besar bagi UMKM yang saat ini berjuang dalam rangka pemulihan ekonomi dimasa pandemi Covid-19,” ujarnya saat ditemui di Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir, Riau, Jumat (18/11/2022).

Fot: Ist

Seperti diketahui bahwa sektor UMKM menyumbangkan 60 persen GDP Negara. Untuk itu melalui KTT G20 ada komitmen pemerintah Indonesia dan negara-negara anggota G20 untuk mendukung permodalan yang luas bagi pelaku UMKM, sebut Zainal.

Dampak langsung rangkaian pelaksanaan KTT G20 telah menghidupkan sektor hospitality business di Bali yang sebelumnya sempat terhenti selama pandemi Covid-19. Untuk itu pihaknya berharap, dengan bangkitnya pelaku UMKM ini akan menjadi momentum penting dalam penguatan ekonomi pasca pandemi dan juga mampu menghadapi ancaman krisis global yang sedang menghantui negara Indonesia dan dunia.

“Intinya melalui KTT G20 bisa merumuskan berbagai kebijakan signifikan demi berkembangnya investasi dan ekonomi kerakyatan,” tutup Zainal Arifin./”/editor: one darius

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: