mgid.com, 610011, DIRECT, d4c29acad76ce94f
1 Oktober 2022

Jaga Kondusifitas Daerah, Kesbangpol Inhil Bangun Tekad dan Semangat Bersama FKDM

Inhil, detikriau.id – Badan Kesbangpol lakukan pertemuan bersama Ketua dan Anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Indragiri Hilir. Rembuk internal yang dilakukan di ruang kerja Kepala Badan Kesbangpol Inhil ini ditujukan untuk lebih menanamkan tekad dan semangat dalam menjaga kondusifitas daerah. Selasa (12/9/22)

Kaban Kesbangpol Inhil, HM Arifin menyebutkan, sesuai fungsinya, FKDM berperan untuk menghimpun data dan informasi awal tentang berbagai isu-isu terkini ditengah masyarakat, terutama isu aktual yang diyakini akan berpotensi menimbulkan konflik.

Informasi atau isu-isu yang dirangkum FKDM akan menjadi “warning” bagi pemangku kebijakan dalam hal ini pemerintah daerah guna mengantisipasi, meminimalisir atau bahkan mencegah timbulnya konflik yang akan berdampak terjadinya gangguan keamanan.

“informasi awal tersebut dapat digunakan pemerintah untuk menentukan langkah-langkah dalam mencarikan solusi terbaik dalam mencegah timbulnya gangguan ditengah masyarakat.” Ujar HM Arifin

HM Arifin juga menegaskan bahwa dengan pentingnya peran FKDM tersebut, Kesbangpol akan senantiasa mendorong dan berupaya untuk lebih memaksimalkan peran FKDM.

Sementara itu, Ketua FKDM Inhil, Faisal Alwie menyebutkan secara sederhana tugas dan fungsi FKDM juga dapat dikiaskan sebagai “mata dan telinganya” pemangku kebijakan untuk menciptakan kemanan dan ketentraman masyarakat.

Pertemuan bersama Kesbangpol yang dilakukan hari ini, menurut Faisal menjadi sesuatu yang sangat penting, Apalagi menjelang masuknya tahun politik yang tidak lama lagi, kenaikan harga BBM, termasuk kemerosotan ekonomi daerah imbas anjloknya sejumlah komoditas unggulan pekebunan yang semua ini tidak menutup kemungkinan akan menimbulkan rawan terjadinya konflik di tengah masyarakat.

“Kaban Kesbangpol berikan dorongan kuat untuk peningkatan peran FKDM. Hasil pertemuan hari ini semakin menumbuhkan tekad dan semangat untuk bersama-sama menjaga kondusifitas daerah dalam hal ini Kabupaten Inhil.” Akhiri Faisal yang saat itu didampingi Sekretaris FKDM, Maryanto serta Anggota, Muridi Susandi dan Yetno./*

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: