mgid.com, 610011, DIRECT, d4c29acad76ce94f
1 Oktober 2022

Wujudkan Program Meranti Cerdas, Kali ini Pemkab Kerjasama dengan UI dan IPB

JAWABARAT – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti kembali melakukan kerjasama di bidang pendidikan dengan berbagai perguruan tinggi. Kali ini dua dari 10 kampus terbaik di Indonesia versi Kementerian Pendidikan telah menandatangani Memorandum of Understanding, yakni Institut Pertanian Bogor (IPB) University dan Universitas Indonesia (UI).

Penandatanganan nota kesepahaman itu dilakukan Jumat (26/8/2022) oleh Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, SH, MM dengan Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB, Prof. Dr. Ir. Drajat Martianto, M.Si di Gedung Rektorat IPB University, Bogor.

Prof. Drajat menyampaikan terimakasih kepada Pemkab Meranti karena telah memilih kampus tersebut salah satu universitas tujuan dalam mewujudkan program Meranti cerdas. Dia berharap kerjasama tersebut dapat mencakup sektor yang lebih luas, seperti penelitian dan pengembangan serta pengabdian

“Sebagaimana kita ketahui, Meranti memiliki potensi besar sagu yang menjadi unggulan. Saat ini IPB sedang gencar-gencarnya melakukan penelitian terkait ketahanan pangan nasional. Kita berharap kerjasama kita juga bisa mengarah ke penelitian dan riset sagu di Meranti,” ujar Prof. Drajat.

Bupati H. M Adil menyambut baik tawaran penelitian dari IPB tersebut. Dia sangat berharap potensi sagu Meranti dapat dikembangkan dengan sangat baik sehingga memberikan dampak ekonomi yang lebih tinggi bagi masyarakat dan daerah.

“MoU ini salah satu upaya. Kami berharap IPB bisa membantu mencetak sarjana pertanian dari Meranti yang andal dan siap memajukan pertanian di daerah,” ujar Bupati.

Setelah melaksanakan penandatanganan MoU dengan IPB di Bogor, Bupati H. M Adil langsung menuju ke Kampus UI di Depok.

Di kampus terbaik nomor 1 di Indonesia versi Kemendikbud ini, bupati dan rombongan disambut langsung oleh Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset UI, Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA dan civitas akademika di Gedung Administrasi Universitas Indonesia.

Senada dengan IPB, Prof. Dedi juga berharap kerjasama dengan Pemkab Meranti tidak hanya di bidang bantuan pendidikan bagi anak Meranti yang belajar di kampus tersebut. Tapi juga bisa ke bidang penelitian dan pengabdian masyarakat.

Bahkan, dia menyebut akan mendatangkan mahasiswa UI untuk melakukan riset dan penelitian di Kabupaten Kepulauan Meranti, sehingga potensi-potensi yang ada dapat dikembangkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Universitas Indonesia berdiri dan mengabdi untuk Indonesia termasuk Kabupaten Kepulauan Meranti. Dengan MoU ini lebih mempermudah kita dalam melakukan riset, penelitian serta pengabdian masyarakat,” ungkapnya.

Bupati H. Muhammad Adil menilai UI sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia sehingga dirasa perlu dilakukan MoU dengan harapan dapat melahirkan anak-anak Meranti yang memiliki SDM unggul. Dia mengucapkan terimakasih kepada segenap civitas akademis UI yang telah bersedia bekerjasama dengan Pemkab Kepulauan Meranti.

“Kami berharap kedepannya akan ramai anak Meranti yang bisa kuliah di UI. Pemkab Meranti siap membantu biaya perkuliahannya dengan harapan setelah selesai bisa kembali mengabdi membangun daerah. MoU ini salah satu ikhtiar dari kami,” harap Bupati Kepulauan Meranti itu./*

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: