mgid.com, 610011, DIRECT, d4c29acad76ce94f
19 April 2024

Ikut Tong Tong Fair di Belanda, Pemkab Meranti Fasilitasi Pemilik Mi Sagu Boedjang

0

MERANTI – Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, SH, MM, Senin (22/8/2022) mengunjungi tempat pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Mi Sagu Instan Boedjang di Desa Gogok Kecamatan Tebingtinggi Barat.

Kunjungan itu guna memberikan dukungan kepada pelaku usaha tersebut karena terpilih dan lolos seleksi untuk mengikuti Tong Tong Fair di Amsterdam, Belanda awal September mendatang.

“Kita akan dukung penuh, karena itu salah satu upaya memperkenalkan sagu Meranti ke dunia. Untuk itu Pemkab akan fasilitasi keberangkatannya untuk mengikuti acara pameran di Belanda itu,” kata H. M Adil.

Bupati berharap dengan mengikuti festival budaya Indonesia terbesar di dunia itu, komoditas utama Kepulauan Meranti tersebut makin dikenal luas dan berdampak pada permintaan sagu Meranti.

“Kalau produk sagu dan turunannya ini telah meningkat, tentu akan berdampak pada jumlah produksi dan otomatis membuka lapangan kerja di Meranti,” ujarnya.

Pemilik Mi Sagu Instan Boedjang, Praptini merasa senang sekali bisa mewakili UMKM Kepulauan Meranti dalam festival itu. Dia berharap produk UMKM yang selama ini diusahakannya mendapat peminat lebih banyak, baik lokal maupun internasional.

“Saya berharap juga dapat memotivasi pelaku UMKM yang lain di Kabupaten Kepulauan Meranti,” tutur Praptini.

Selain produk mie sagu kemasan merek boedjang, Praptini juga menghasilkan produk turunan sagu lainnya. Seperti brownis sagu, stick sagu keju dan dessert sagu mutiara yang semuanya sudah dikemas dengan menarik dan telah dilengkapi dengan izin edar.

Sebagaimana diketahui, produk Mi Sagu Instan Boedjang diajukan oleh Rumah Kreatif BUMN (RKB) Kepulauan Meranti untuk diseleksi oleh Tim Kementerian BUMN. Dari puluhan ribu produk UMKM di Indonesia yang diseleksi, Mi Sagu Boedjang terpilih sebagai salah satu produk yang akan dibawa ke Festival Tong Tong di Belanda.

Turut hadir mendampingi Bupati, Ketua Penggerak PKK Kabupaten Hj. Rinarni, SE, Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Miftahulaid, Sekretaris Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Widodo, Perwakilan Rumah Kreatif BUMN Pertamina Kepulauan Meranti Adi Febriadi dan Kepala Desa Gogok Darussalam./*

Tinggalkan Balasan