mgid.com, 610011, DIRECT, d4c29acad76ce94f
1 Oktober 2022

Personil Terbatas, Kalapas Tembilahan Pintakan Dukungan Polres

Inhil, detikriau.id – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Tembilahan, Julianto Budhi Prasetyono BcIP SSos meminta bantuan tambahan pengamanan dari personel Polres Indragiri Hilir (Inhil).

Hal itu disampaikan Julianto saat menerima kunjungan silaturahmi Kapolres Inhil AKBP Norhayat SIK bersama rombongan, Jum’at sore (12/8/2022) di Lapas Kelas II-A Tembilahan Jalan Prof. M. Yamin Kelurahan Sungai Beringin.

Perbincangan di ruangan kerja Kalapas Tembilahan membahas seputar hobi, Isu nasional, hingga permasalahan pekerjaan di Lapas Kelas II-A Tembilahan.

Dalam perbincangan itu, Julianto memaparkan jumlah data narapidana (napi) dan tahanan.

“Lapas Kelas II-A Tembilahan memiliki ruangan sel sebanyak 45 dengan jumlah total keseluruhan warga binaan sebanyak 888 orang yang berstatus diantaranya 101 orang tahanan dan 766 narapidana,” paparnya.

Dengan rincian tahanan laki-laki sebanyak 91 orang, tahanan perempuan sebanyak 4 orang, tahanan anak-anak sebanyak 6 orang dan napi laki-laki sebanyak 766 orang, napi perempuan sebanyak 21 orang.

“Jumlah warga binaan yang ada saat ini melebihi kapasitas. Daya tampung Lapas Kelas II-A Tembilahan hanya sebanyak 215 orang, Untuk itu, Kami berharap kepada Kapolres Inhil agar dapat memberikan bantuan personil pengamanan mengingat terbatasnya total jumlah personil khususnya di tugas piket jaga,” jelas Budhi.

Selain itu juga diharapkan agar dapat meningkatkan kegiatan sambang dan patroli ke Kantor Lapas Kelas II=A Tembilahan khususnya pada jam – jam rawan.

“Guna menghindari niat atau keinginan dari tahanan maupun narapidana untuk mencoba melarikan diri,” katanya.

Saat ini Lapas Tembilahan dilanjutnya juga memiliki ruangan atau sel khusus yang disebut sebagai Blok Pengendali Narkoba (BPN) yang berfungsi untuk menekan aktivitas warga binaan yang berpotensi akan mengendalikan peredaran narkoba dari dalam Lapas.

“Lapas kita juga terdapat ruang tahanan yang telah memiliki BPN yakni, Lapas Kelas II-A Pekanbaru, Lapas Kelas II-A Bangkinang dan Lapas Kelas II-A Bengkalis,” tambahnya.

Terkait beberapa permasalahan yang disampaikan Julianto, Kapolres Inhil AKBP Norhayat SIK beserta rombongan menerima secara baik masukan yang disampaikan dan akan mencarikan solusi atas permasalahan.

“Sinergi ini penting, artinya kami saling menguatkan dan kami siap membantu dalam pelaksanaan pengamanan di Lapas, sekaligus merupakan wujud dari antisipasi kerawanan yang ada didalam Lapas Tembilahan,” kata AKBP Norhayat./*

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: