mgid.com, 610011, DIRECT, d4c29acad76ce94f
13 Agustus 2022

Bupati Inhil Sudah Tinjau Jalan “Sakaratul Maut” 27 Februari Lalu. Awal Agustus Perbaikan Diperkirakan Selesai

Tembilahan – Kerusakan ruas jalan jerambah beton di Desa Igal – Mandah dalam beberapa hari ini mendadak viral. Bahkan sejumlah media nasional juga mengangkat topik jalan yang di labeli“sakaratul maut” yang menjadi heboh ini setelah diunggah netizen di media sosial.

Video memperlihatkan kondisi jerambah beton yang dipenuhi lubang mengangga dan jelas memang sangat membahayakan pengguna jalan. Sebagian tampak ditutupi dengan material kayu seadanya yang juga sudah tampak mulai rapuh.

Bupati Inhil HM Wardan membenarkan kondisi kerusakan jalan jerambah beton tersebut.

“Pada tanggal 27 Februari 2022 yang lalu, kami telah melakukan peninjauan terhadap jerambah beton pada ruas jalan Desa Igal – Mandah. Peninjauan ini kami lakukan setelah kami mendapati laporan bahwa terdapat beberapa titik yang rusak parah sehingga dapat membahayakan masyarakat,” Pernyataan Bupati, dikutip melalui akun Facebook

Setelah peninjauan, pihaknya menurut Bupati segera berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan & Tata Ruang (PUTR) dan Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Inhil agar melakukan analisis dan kajian. Analisis dan kajian diperlukan mengingat pada ruas jalan ini belum teralokasi di APBD tahun 2022 yang telah disahkan pada akhir tahun 2021 yang lalu.

“Mekanisme penganggaran, spesifikasi pekerjaan serta perizinan (terkait akses dan bahan) merupakan bentuk analisis yang dilakukan, sehingga pekerjaan nantinya tidak melanggar hukum dan aturan yang berlaku. Beberapa hal ini lah yang memerlukan waktu lebih panjang oleh instansi terkait dalam mempelajari regulasi dan mekanisme yang ada,”

Selain pengerjaan yang segera harus dilakukan di tahun ini, lanjut Bupati, Ia juga telah memerintahkan Dinas PUTR dan Bappeda untuk dapat mengangarkan ruas tersebut pada tahun anggaran 2023. sehingga diharapkan infrastruktur yang dibangun sesuai dengan harapan masyarakat.

“Alhamdulillah saya mendapatkan laporan bahwa mekanisme pengerjaan sudah didapat dan untuk segera dilakukan oleh Dinas PUTR. Adapun pengerjaan akan dilakukan pada 21 Juli 2022 dan diperkirakan fungsional selesai pada awal Agustus 2022”

Bupati juga mengucapkan terima kasih atas atensi seluruh masyarakat termasuk kritikan dan saran yang diberikan.

“Hal tersebut tentu menjadi semangat kami dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat serta melakukan pembangunan Kabupaten Indragiri Hilir. Semoga apa yang telah sama-sama kita lakukan ini mendapatkan kemudahan dan kelancaran oleh Allah SWT. Aamiin” Bupati mengakhiri./*

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: