mgid.com, 610011, DIRECT, d4c29acad76ce94f
25 Juni 2022

Sampaikan Pesan Kamtibnas, Kapolres Andi dan Pengurus FK RT-RW Meranti Duduk Besile

MERANTI, detikriau.id — ‘Membangun Kesadaran dan Partisipasi Masyarakat dalam Harkamtibmas’ merupakan tema yang memiliki pesan ini disampaikan Kapolres AKBP Andi Yul LTG SH SIK MH saat silaturahmi duduk besile bersama Forum Komunikasi RT/RW Kabupaten Kepulauan Meranti, Rabu (25/5/2022).

Dalam aksi humanis di kediaman Ketua Forum RT/RW, Ucok Alexander SE, di Jalan Sutan, Kelurahan Selatpanjang Timur, Kecamatan Tebingtinggi itu, Pria yang akrab disapa Kapolres Andi Yul ini mengajak untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) agar Kepulauan Meranti selalu dalam kondisi yang kondusif.

“Mari kita terus menjaga kamtibmas agar daerah ini selalu kondusif. Sehingga dengan begitu kita bisa aman dan nyaman, serta aktivitas masyarakat berjalan lancar,” ajak orang Nomor 1 di jajaran Polres Meranti ini.

Ia juga menyampaikan soal capaian program vaksinasi yang meningkat berkat bantuan pemerintah desa, seperti halnya perangkat RT dan RW.

Tak hanya itu, Kapolres Andi Yul juga menyampaikan soal pengungkapan kasus narkoba yang belakangan ini sering dilakukan oleh Polres.

“Kami juga telah melakukan penanganan kasus pencurian dan kasus-kasus lainnya yang dinilai mengganggu ketertiban masyarakat,” sebut Kapolres.

Selain itu, AKBP Andi Yul juga menyampaikan pesan terkait tertib berlalulintas. Hal itu mengingat akhir-akhir ini kerap terjadi kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan korban meninggal dunia.

“Kiranya Ketua RT dan RW juga menyampaikan imbauan kepada masyarakat agar selalu berhati-hati dan waspada saat berkendara. Tetap patuhi aturan berlalulintas. Paling terpenting diperhatikan, gunakan helm dan kendaraan yang layak jalan bila berkendara,” pesan Andi Yul seraya mengajak agar hubungan silahturahmi dan komunikasi seperti ini tetap terjalin dimasa mendatang.

Kabag Ops Kompol Yudi Setiawan SH MH hadir di kesempatan itu mendampingi Kapolres Andi Yul juga berharap ketentuan tentang ‘Tamu Wajib Lapor 1×24’ terus diterapkan dilingkungan RT-RW masing-masing.

Dengan ketentuan ini, jelasnya, maka ada pendeteksian dan ketua RT-RW mengetahui siapa saja yang datang dan tinggal di wilayah tempat tinggal.

“Ini juga sebagai langkah mengantisipasi jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan atau gangguan kamtibmas oleh orang tersebut,” jelas Kompol Yudi.

Lebih lanjut, pihaknya berharap kerjasama soal informasi dari ketua RT-RW selaku perangkat desa yang mengetahui lingkungan masing-masing.

“Informasi sekecil apapun terkait gangguan kamtibmas agar disampaikan kepada kami agar bisa ditindaklanjuti,” harap Kabag Ops ini.

Hal senada juga ungkapkan Kasat Binmas, AKP Jamaludin yang turut hadir dalam kesempatan itu berharap agar kegiatan Siskamling diaktif kembali. Hal itu, kata dia, mengingat Siskamling ini merupakan garda terdepan untuk mengatasi potensi gangguan kamtibmas.

“Kami berharap siskamling diaktifkan kembali. Memang banyak pos ronda siskamling, tapi kosong. Ini perlu kita perhatikan, karena siskamling menjadi garda terdepan menjaga keamanan wilayah,” pintanya pula.

Sementara itu, Ketua FK RT-RW Ucok Alexander SE, berterima kasih atas kunjungan silaturahmi Kapolres bersama jajaran tersebut.

“Terima kasih atas kunjungan silaturahmi Duduk Besile bapak Kapolres dan jajaran. Kami tentunya selalu siap mendukung dan bekerjasama dalam menjaga situasi kamtibmas di Meranti. Semoga silaturahmi dan kerjasama kita tetap terus terjalin kedepannya,” tutur Ucok.

Pihaknya mengapresiasi terkait capaian program vaksin yang hingga membawa Polres mendapat penghargaan dari Kapolda Riau. Termasuk pengungkapan kasus narkoba seberat 1,5 kg baru-baru ini.

Apresiasi dan tahniah kami buat pak Kapolres dan jajaran yang sukses melaksanakan program vaksinasi. Bahkan, berhasil menangkap pelaku pengedar sabu-sabu sebanyak 1,5 kilogram kemarin,” ucapnya.

Pertemuan silaturahmi itu ikut dihadiri Kapolsek Tebingtinggi AKP Gunawan SH, Wakil Ketua FK RT-RW Zulkifli bersama belasan anggota, tokoh agama, dan sejumlah personil Polres.*

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: