mgid.com, 610011, DIRECT, d4c29acad76ce94f
25 Mei 2022

Bahas Pengamanan Idul Fitri 2022, Polres dan Forkopimda Meranti Gelar Rapat Eksternal

MERANTI – Polres Kepulauan Meranti bersama forum komunikasi pimpinan daerah (forkompimda), Selasa (26/4/2022) pagi, bertempat di Mako Polres, mengadakan rapat eksternal dalam rangka operasi Ketupat Lancang Kuning 2022, membahas tentang pengamanan Idul Fitri 1443 Hijriyah.

Rapat tersebut dipimpin Wakapolres Kompol Robet Arizal SSos, dengan dihadiri Sekda Bambang Supriyanto, Kadiskes Muhamad Fahri, Kadisperindag Marwan, Satpol PP Fauzi, Kadishub P Ginting, Kalaksa BPBD Rizki Hidayat, Kepala KSOP Selatpanjang Leonard NS, Koramil 02 Tebingtinggi diwakili Serma Amri, Pos AL Selatpanjang Serma Zul Fakri, Manager PLN Selatpanjang, Ricard, Kantor Kesehatan Pelabuhan Selatpanjang Jamaluddin, Pelindo Selatpanjang Amirul Fatoni, Kabag Ops Polres Kompol Yudi Setiawan SH, Kabag Ren Kompol Ali Azar SSos, para Kasat dan personil Polres Kepulauan Meranti.

Adapun hal-hal yang dibahas itu terkait pengoptimalan pos pengamanan oleh personil gabungan, vaksin booster yang diwajibkan untuk perjalanan, ketersediaan stok sembako dan BBM bagi masyarakat, pelayanan rapid antigen di pelabuhan Tanjungharapan, displin Prokes guna menghindari penyebaran Covid-19, posko terpadu, pasokan listrik saat perayaan Idul Fitri, hingga pengamanan malam takbiran.

“Pengamanan dalam operasi Ketupat ini sebagai upaya kita memberikan pelayanan kepada masyarakat yang merayakan Idul Fitri. Untuk itu, personil harus menjalankan tugas secara optimal dalam memberikan rasa aman bagi masyarakat yang mudik dengan menggunakan transportasi darat dan laut,” kata Kompol Robert dalam rapat itu.

Lanjutnya lagi, diperlukan langkah-langkah strategis dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 bersama unsur atau stakeholder yang ada disaat dan pasca mudik lebaran.

“Bersama pemerintah daerah, kita perlu menjamin ketersediaan bahan pangan dan BBM bagi masyarakat menjelang hari raya. Begitu juga dengan pasokan listrik agar stabil sebelum dan setelah lebaran nantinya,” ujar Wakapolres.

Sementara itu, Sekda Kepulauan Meranti, Bambang Supriyanto, dalam kesempatan itu mengajak semua unsur yang ada untuk merapatkan barisan dengan satu tujuan, yakni mengamankan mudik lebaran.

“Kita perlu mengantisipasi lonjakan pemudik pada tahun ini. Makanya, dengan bersinergi kita membangun pos pelayanan, salah satunya di pelabuhan Tanjungharapan,” tuturnya.

Selain itu, sebut Bambang, diperlukan juga antisipasi terjadinya laka lantas. Hal itu menyusul euforia masyarakat yang dibolehkan mudik pada tahun ini.

Sedangkan untuk malam takbiran, Pemda masih menunggu surat edaran dari pemerintah pusat. Namun, kata Sekda, jika diizinkan pihaknya akan menyiapkan takbiran nanti dengan di bantu pengamanan oleh Polres Kepulauan Meranti.

“Kalau untuk ketersediaan tiket kapal, kita konfirmasi sudah habis sekarang. Sedang diusahakan secara bersama untuk penambahannya,” beber Bambang.

Rapat Eksternal ini telah menghasilkan beberapa kesepakatan untuk dilaksanakan secara bersama sebagai bentuk tanggung jawab masing-masing intansi dalam pengamanan Idul Fitri 1443 Hijriyah.*

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: