mgid.com, 610011, DIRECT, d4c29acad76ce94f
2 Oktober 2022

Nisfu Syaban 2022, Malam Penuh Pengampunan Jelang Ramadan

Bulan Ramadan akan dimulai pada 2 April 2022 mendatang. Jelang Ramadan 2022, umat Islam melalui bulan Syaban yang dimulai pada Jumat (4/3). Di bulan Syaban, terdapat peringatan malam Nisfu Syaban 2022

Malam Nisfu Syaban diperingati setiap malam ke-15 bulan Syaban. Malam Nisfu Syaban 2022 akan jatuh pada 18 Maret 2022 atau 17 Maret 2022 setelah Maghrib.
Bulan Syaban berada di antara bulan Rajab dan bulan Ramadan.

Karena berada di antara dua bulan mulia, Syaban kerap diabaikan. Padahal dalam bahasa Arab, ‘syaban’ berasal dari syiab yang berarti jalan di atas gunung.

Dalam tradisi Islam, Syaban kemudian dijadikan waktu untuk menemukan banyak jalan untuk mencapai kebaikan. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda barang siapa yang memberitahukan berita datangya bulan Syaban kepada yang lain, maka haram api neraka untuknya.

Kemudian, malam Nisfu Syaban 2022 disebut malam pengampunan atau malam maghfirah. Malam ini pun diistilahkan Imam Al Ghozali RA sebagai malam yang penuh pertolongan.

Mengutip berbagai sumber, di malam ini diyakini dua malaikat pencatat amalan keseharian manusia yaitu Raqib dan Atid, menyerahkan catatan amalan ini pada Allah SWT. Di malam yang sama, catatan amal diganti

Oleh karenanya, bulan Syaban termasuk Nisfu Syaban 2022 merupakan persiapan masuk bulan suci Ramadan. Bulan Syaban bisa diisi dengan doa-doa juga amal yang mampu mempertebal keimanan. Sementara malam Nisfu Syaban biasanya dilakukan bersama di masjid atau di rumah karena kondisi pandemi.

1. Salat sunah
Nisfu Sya’ban dapat dimulai dengan melakukan sejumlah salat sunah. Salat sunah yang dianjurkan adalah salat hajat, salat taubat, dan salat tasbih.

2. Membaca surat Yasin tiga kali
Setelah itu, lanjutkan dengan membaca surat Yasin sebanyak tiga kali.

Surat Yasin pertama dibaca untuk memohon panjang umur dan ketaatan serta ketakwaan dan istiqamah kepada Allah SWT. Surat Yasin kedua
dibaca untuk memohon diluaskan rezeki yang halal dan menolak bala. Sedangkat surat Yasin ketiga dibaca untuk memohon ditetapkannya iman Islam hingga akhir hayat.

3. Istigfar dan berzikir kepada Allah
Dapat dilakukan dengan membaca:
– istigfar 100x
– tahmid dan takbir 100x
– salawat Nabi 100x
– dan zikir-zikir lainnya.

4. Berdoa
Tidak ada doa khusus yang dibacakan saat malam Nisfu Sya’ban. Setiap umat Islam dapat berdoa apa saja kepada Allah SWT.

5. Meminta maaf
Dianjurkan pula pada malam Nisfu Sya’ban 2022 untuk bertaubat dan meminta maaf kepada orang lain.

“Sesungguhnya Allah melihat pada pertengahan Sya’ban. Maka dia mengampuni semua makhluk, kecuali orang musyrik dan orang yang bermusuhan,” hadis dari Abu Musa Al-Asy’ari.

sumber: cnnindonesia

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: