mgid.com, 610011, DIRECT, d4c29acad76ce94f
15 Agustus 2022

Dermaga menuju makan Tuan Guru Sapat putus akibat abrasi. Diharapkan perhatian serius dari Pemkab Inhil

Tembilahan – Warga berharap perhatian Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir untuk segera membenahi kondisi dermaga Kuala Hidayat Desa Teluk Dalam Kecamatan Kuindra, Inhil pasca ambruk tergerus abrasi pada ahad (2/1/2021) malam.

Menurut Kepala Desa setempat, Irham, Dermaga tersebut menjadi infrastruktur vital untuk menuju objek wisata religi ke makam Syekh Abdulrahman Siddiq atau Tuan Guru Sapat.

“Mengingat selain untuk askes warga, pelabuhan tersebut digunakan para pengunjung yang ingin melakukan ziarah, ada ratusan orang perhari datang berziarah ke makam Syekh Abdulrahman Siddiq Tuan guru Sapat,” senin (3/1/2021) mengutip arbindoensia.

Lebih lanjut dikatakan Irham pembenahan dermaga bertujuan agar para pengunjung yang ingin berziarah ke makam tuan guru Sapat tidak terhambatan.

“Semoga dapat perhatian khusus dari Pemda Inhil sehingga warga yang ingin berpergian dan para ziarah ke makam Syekh Abdulrahman Siddiq dapat terlaksana kembali seperti semula,” harapnya

Irham menjalaskan, abrasi pantai yang terjadi sekira pukul 22.40 wib itu menyebabkan belasan rumah warga ambruk, termasuk sebuah dermaga.

“ada 11 rumah (rumah warung) dan satu dermaga (pelabuhan) yang ikut ambruk akibat longsor yang terjadi,” jelas Irham

Saat kejadian, kata Irham sebagian masyarakat sudah terlelap tidur, namun syukurnya dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, namun kini akses pelabuhan utama menuju kampung Hidayat desa Teluk Dalam putus total, dan tidak bisa dilewati lagi untuk para pengunjung ke makam Tuan Guru Sapat,” tandasnya./*

 

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: