mgid.com, 610011, DIRECT, d4c29acad76ce94f
13 Agustus 2022

Benarkah Bermain HP Saat Hujan Bisa Tersambar Petir?

Jakarta – Belum lama ini ramai di media sosial peristiwa seseorang yang tersambar petir saat diduga sedang bermain HP. Banyak orang menganggap HP menjadi penyebab utama sambaran petir. Lantas benarkah main HP saat hujan bisa tersambar petir?

Merangkum laman stanford.edu, dilansir detikcom, ponsel sudah menjadi anggapan umum bisa menjadi perangkat potensial untuk menarik sambaran petir. Padahal sambaran petir yang mengenai suatu objek di atas tanah bergantung pada benda yang paling tinggi.

Proses Terjadinya Petir

Petir terjadi karena awan yang sarat bermuatan listrik negatif, tertarik dengan listrik positif di Bumi untuk segera menetralkan muatannya. Aliran listrik negatif dari awan ke bumi ini yang kita kenal sebagai petir.

Karena segera ingin mencapai Bumi, maka petir atau kilat ini akan tertarik untuk menyambar atau melewati benda-benda yang tinggi di permukaan Bumi.

Benda yang Bisa Menarik Petir

Ketika petir menyambar ke tanah, benda-benda atau hal yang lebih tinggi di tempat petir menyambar adalah yang menjadi sasaran. Misalnya sebuah menara radio atau bangunan tinggi di perkotaan.

Kemudian di sebuah jalanan atau tanah lapang, petir bisa menarik sambaran ke arah pohon atau tiang-tiang tinggi yang ada di sekitarnya. Maka dari itu tidak disarankan untuk meneduh di bawah pohon ketika hujan dan banyak petir.

Sebuah objek di tanah atau sebuah permukaan hanya akan menarik petir menyambar di sekitarnya. Hal itu berarti perahu di tengah danau tidak akan menarik semua petir yang menyambar di danau tetapi hanya akan menarik petir yang paling di dekat dengan perahu berada.

Bermain HP Saat Hujan di Dalam Ruangan Tetap Aman
Peluang ponsel tersambar petir adalah kemungkinan yang kecil untuk bisa terjadi. Namun, petir bisa jadi menyambar orang yang menggunakan ponsel ketika berada di lapangan terbuka.

Petir tersebut bukan menyambar karena HP tapi karena orang tersebut berdiri sebagai objek paling tinggi di tempat petir menyambar.

Penggunaan HP dan telepon portable tanpa kabel di dalam ruangan selama badai petir, bisa benar-benar aman karena tidak ada kabel yang dapat dilalui oleh muatan listrik.

Hal yang perlu diperhatikan saat bermain HP di dalam rumah saat hujan petir, adalah ketika ponsel terhubung dengan charger ke colokan listrik.

Saat listrik menyambar tiang listrik, ada kemungkinan beban listrik bisa memenuhi jaringan listrik rumah dan turut merusak ponsel yang sedang diisi daya.

Namun, kejadian ini jarang sekali terjadi, karena kebanyakan rumah-rumah yang cukup tinggi juga dilengkapi dengan penangkal petir, dan jaringan listrik di rumah yang baik senantiasa memiliki ground yang tersambung ke tanah untuk mengalirkan kelebihan muatan listrik.

Jadi bisa disimpulkan bermain HP saat ada petir tetap aman jika di dalam ruangan. Semoga menambah pengetahuan detikers, ya!

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: