mgid.com, 610011, DIRECT, d4c29acad76ce94f
28 Oktober 2021

HUT TNI Ke-76, Kodim 0314 Inhil Gelar Syukuran

Dandim 0314/Inhil, Letkol Inf Imir Faishal

Tembilahan, detikriau.id — Komando Distrik Militer (Kodim) 0314 kabupaten Indragiri Hilir, menggelar syukuran dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-76, di ruangan Kodim, Selasa (5/10/21).

Dandim Letkol Inf Imir Faisal, S.Sos, M.I.Pol dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada para tamu undangan yang berkenan untuk hadir pada acara HUT TNI yang ke 76 tahun 2021 ini.

Dandim menyebutkan dalam perkembangannya TNI sudah melalui pasang surut perjuangan mengutip dari apa yang telah disampaikan Mayor Urip Sumoharjo aneh apabila di suatu negara  tidak ada atau tidak memiliki tentara. Sehingga pada tanggal 5 Oktober 1994 berdirilah Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang sebelumnya bernama Badan Keamanan Rakyat berubah menjadi Tentara Nasional Indonesia, yang sampai saat ini masih diperingati.

“Tentu saja dalam perjalanan panjang itu, Tentara Nasional Indonesia tidak terlepas dari do’a, kerjasama, sinergitas seluruh komponen masyarakat, Pemerintah Daerah, Polri, dan pelaku ekonomi. Bersama-sama kita mempertahankan keutuhan wilayah dan kedaulatan NKRI ini kalau boleh saya mengutip dari apa yang sudah disampaikan oleh adek kita ini ada 3 tugas pokok TNI seperti yang tercantum di dalam UU TNI, 1. menjaga keutuhan wilayah, 2. menegakkan kedaulatan negara dan 3. melindungi segenap Bangsa dan tumpah darah Indonesia, serta ada 14 tugas, yang tentunya semua bisa berjalan karena ada kerjasama dan dukungan dari bapak ibu sekalian,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dandim menyebutkan bahwa dalam rangka ulang tahun TNI yang ke 76 banyak kegiatan yang sudah dilaksanakan, diantaranya Karya Bhakti, Bedah rumah, Bhakti sosial donor darah, dan juga beberapa perlombaan.

“Perlombaan akustik yang tadi sudah kita saksikan pemenangnya, dan juga speech Contest (lomba pidato berbahasa Inggris) dengan tema Peran Generasi Muda Dalam Bela Negara yang alhamdulilah juga sudah kita saksikan salah satu pemenangnya,” tukasnya.

Selanjutnya dikatakan Dandim bahwa memang banyak di kabupaten Indragiri Hilir ini potensi yang tetap harus digali terutama generasi muda baik itu di bidang seni, budaya pengetahuan.

“Merekalah yang akan mengawaki negara ini pada saat Indonesia masa tahun 2045, di saat kita semua yang hadir disini mungkin sudah tua, merekalah nanti yang akan meneruskan tongkat estafet perjuangan ini,” jelasnya.

Terakhir Dandim menuturkan bahwa pada kesempatan ini juga selaku insan manusia biasa prajurit TNI yang berada di wilayah kabupaten Indragiri Hilir, mohon maaf apabila ada hal-hal yang kurang berkenan di hati masyarakat.

“Baik itu sikap perbuatan kami, kami terbuka untuk  menerima saran masukan dan kritik untuk kemajuan kita, kami juga mengucapkan terimakasih atas dukungannya selama ini, mudah-mudahan kita bisa terus bersinergi bisa terus memajukan negara kesatuan republik Indonesia ini bersatu berjuang kita pasti menang,” pungkasnya.

Untuk diketahui, dalam acara tersebut Dandim bersama Bupati Inhil HM Wardan dan Forkopimda memberikan hadiah kepada pemenang lomba akustik dan lomba speech kontest serta memberikan tali asih kepada para Veteran.

Turut hadir dalam acara tersebut,  Kapolres Inhil AKBP Dian Setiawan, Ketua DPRD kabupaten Inhil, ketua Pengadilan Negeri, dan instansi terkait, serta ketua organisasi, dan insan pers./*

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: