mgid.com, 610011, DIRECT, d4c29acad76ce94f
1 Oktober 2022

Alasan Polisi Cegat Demo di Markas PB HMI: Tak Ada Izin

Ada rencana demo, sejumlah aparat kepolisian dikerahkan ke markas PB HMI di Jakarta Selatan untuk melakukan penjagaan dan pencegatan. (Antara Foto/Sahrul Manda Tikupadang)

detikriau.id – Sejumlah aparat kepolisian mendatangi Sekretariat Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) yang terletak di Jalan Sultan Agung, Jakarta Selatan, Jumat (6/8).

Kabag Ops Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Ruslan Idris menjelaskan alasan kedatangan aparat itu. Menurutnya, aparat hanya sekedar untuk melakukan penjagaan di luar gedung.

“Kita pengamanan di luar,” kata Ruslan saat dihubungi, Jumat (6/8).

Ruslan juga membenarkan bahwa pengamanan itu terkait rencana aksi demo yang akan dilakukan HMI.

Baca juga: HMI Serukan Demo Kepung Istana-DPR, Jokowi Dianggap Gagal

“Mereka mau demo, kita cegat karena enggak ada izin,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ruslan memastikan situasi di sekitar Sekretariat HMI dalam keadaan kondusif. Ia juga tak ada penangkapan.

“Kondusif, untuk saat ini kondusif, enggak ada (yang diamankan),” ucap Ruslan.

Diketahui, Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) kubu Ketum Abdul Muis resmi membatalkan rencana aksi demonstrasi yang akan digelar di sekitar Istana Negara pada hari ini, Jumat (6/8).

Menurut Ketua Bidang Perguruan Tinggi, Kemahasiswaan, dan Pemuda, PB HMI pimpinan Abdul Muis Amiruddin, Rich Hilman Bimantika para kader tak bisa keluar dari Sekretariat PB HMI karena sekretariat tersebut dijaga oleh kepolisian hingga kini.

Hilman menyebut kader-kader HMI sempat melakukan unjuk rasa sebentar di depan sekretariat PB HMI. Namun aksi tersebut langsung dibubarkan pihak kepolisian yang berjaga.

“Karena penjagaan di sekretariat kami ketat sekali. Kami tidak bisa keluar dari sekretariat. [Dijaga] oleh polisi,” kata Hilman kepada CNNIndonesia.com, Jumat (6/8).

BPantauan di Markas HMI
Sementara itu, berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com pada Jumat petang terdapat belasan aparat polisi berseragam yang berjaga di area luar sekitar Sekretariat PB HMI, Jalan Sultan Agung, Jakarta Selatan.

Aparat kepolisian hanya bersiaga di sekitar area sekretariat HMI. Beberapa motor dan mobil patroli kepolisian juga terpantau ada di lokasi.

Pintu gerbang utama sekretariat HMI terlihat tak tertutup sepenuhnya. Beberapa kader HMI juga terlihat berada di dalam sekretariat. Kondisi di sekitar PB HMI sampai berita ini diturunkan cukup kondusif.

Baca artikel CNN Indonesia “Alasan Polisi Cegat Demo di Markas PB HMI: Tak Ada Izin” selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210806170900-12-677432/alasan-polisi-cegat-demo-di-markas-pb-hmi-tak-ada-izin.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: