mgid.com, 610011, DIRECT, d4c29acad76ce94f
18 September 2021

Wabup H.Syamsuddin Uti: Peran Masyarakat Sangat Penting Cegah Kecurangan Pemilu

Tembilahan, detikriau.id  –  Wakil Bupati Kabupaten Indragiri Hilir, H Syamsuddin Uti menyatakan untuk menangkal terjadinya kecurangan dalam setiap tahapan pemilu, peran serta masyarakat dalam pengawasan sangat diperlukan, guna memastikan terwujudnya pemilu yang bersih, transparan, dan berintegritas

Pernyataan ini disampaikannya dalam amarannya saat membuka kegiatan Sosialisasi dan Pengawasan Pemilu Partisipatif TA 2021 tajaan Badan Pengawas Pemili Kabupaten Indragiri Hilir di salah satu Hotel di Kota Tembilahan, selasa (27/7)

Baca juga: Tangani Konflik, Bupati Inhil Turunkan Tim ke Desa Suraya Mandiri

Menurut Syamsuddin, setiap penyelenggaraan pemilu selalu muncul potensi kecurangan yang dapat mempengaruhi hasil pemilu. Kecurangan pemilu dapat muncul dalam berbagai bentuk pada setiap tahapan pemilu.

“Kecurangan dalam pemilu tidak hanya dalam bentuk janji kampanye melainkan juga dalam berbagai perbuatan yang nyata-nyata dapat secara langsung mempengaruhi hasil pemilu, seperti money politik penggelembungan suara, jual beli suara, maupun mobilisasi massa,” demikian kata Wabup

Kegiatan sosialisasi ini juga dihadiri oleh Bawaslu Provinsi Riau, H.Indra Muchlis Adnan, Kakan Kemenag, Asisten I Setda Inhil, beberapa Pimpinan OPD, Rektor Universitas dan Perguruan tinggi yang ada di Inhil, Bawaslu Inhil, KPU Inhil, para Camat serta Pimpinan Partai Politik.

Sosialisasi ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan mendorong partisipasi dari pemerintah baik tingkat Kabupaten maupun kecamatan serta berbagi pihak dalam proses pemutakhiran data pemilih berkelanjutan. Karena, ini merupakan salah satu pengawasan yang dilakukan Bawaslu diluar tahapan Pemilu.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan MoU antara Bawaslu Inhil dengan Perguruan Tinggi, Universitas, Intansi dan Dinas terkait dalam rangka memberikan pendidikan politik bagi masyarakat terhadap bahaya politik uang ynag disaksikan lansung Wakil Bupati H.Syamsuddin Uti dan Bawaslu Provinsi Riau.

sumber: prokopim Setdakab Inhil   Editor: dro

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: