mgid.com, 610011, DIRECT, d4c29acad76ce94f
1 Oktober 2022

Sediakan Saluran Informasi Online, Badan Kesbangpol Inhil Gagas Inovasi Cakra Bertajuk Linmas

Inhil, detikriau – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Indragiri Hilir gagas inovasi CAKRA Bertajuk LINMAS. Inovasi ini ditujukan untuk mempermudah masyarakat menyampaikan berbagai informasi kepada kepala daerah secara online melalui website resmi Kesbangpol Inhil, https://kesbangpol.inhilkab.go.id.

Kepala Badan Kesbangpol Inhil, Drs. Azwizarmi, MH mengatakan bahwa Peran Badan Kesatuan Bangsa dan Politik dalam memberikan informasi kepada Kepala Daerah adalah sangat penting, karena dalam melaksanakan tugas Pemerintahan di daerah, Kepala Daerah memerlukan data dan fakta-fakta tentang situasi dan kondisi Daerah. Untuk mendapatkan data dan fakta-fakta tersebut Kepala Daerah memerlukan informasi yang cepat, tepat, akurat dan akuntabel, sehingga tidak salah dalam mengambil keputusan dan kebijakan.

Meskipun selama ini kepala daerah sudah menerima data dan informasi tentang situasi dan kondisi daerah secara berkala dan berkesinambungan dari Kesbangpol Inhil, namun informasi itu dirasa masih belum optimal, maka untuk lebih optimal dan berkualitasnya informasi tersebut diperlukan Inovasi.

“INOVASI CAKRA merupakan Konsep Inovasi  Daerah yang digagas oleh Kesbangpol Inhil  dalam melaksanakan fungsinya sebagai pemantauan, evaluasi dan pelaporan dan pelaksanaan fungsi lain yang di berikan oleh Bupati untuk mendukung pelaksanaan tugas-tugas Bupati dalam rangka mewujudkan Visi dan Misi Kepala Daerah, dengan cara mengumpulkan bahan keterangan dan informasi tentang masalah, peristiwa dan fakta-fakta situasi dan kondisi Daerah di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, ketentraman dan ketertiban masyarakat,” Ujar Awizarmi di Tembilahan, senin (12/7/2021)

Lanjutnya, CAKRA merupakan singkatan dari: Cepat, Akurat, Kredibel, Responsif dan Akuntabel. Inovasi Cakra merupakan upaya melakukan terobosan untuk mendapatkan bahan keterangan dan informasi secara cepat, tepat, akurat dan dapat di pertanggungjawabkan dengan memanfaatkan Informasi Teknologi.

Inovasi Cakra ini sudah di gagas oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik pada tahun 2020, maka pada tahun 2021 Badan Kesbangpol melakukan terobosan baru dengan mengembangkan Inovasi CAKRA Bertajuk Layanan Informasi Online Masyarakat yang disingkat dengan sebutan LINMAS.

“Melalui Inovasi ini akan mempercepat proses pelaporan dan informasi kepada Kepala Daerah sehingga Kepala daerah akan lebih cepat mengambil sikap, tindakan, keputusan dan kebijakan terhadap laporan dan informasi yang diterima.” Akhiri Kaban Kesbangpol Inhil, Drs. Azwizarmi, MH./*

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: