mgid.com, 610011, DIRECT, d4c29acad76ce94f
18 Oktober 2021

Stop! Jangan Sebarkan, Hoaks

detikriau.id – Kemetrian Sosial RI memastikan pesan berantai melalui media sosial berisikan form pendaftaran bantuan sosial PPKM Rp300.000 yang memuat logo Kementrian Sosial adalah Hoaks.

Mengutip penjelasan melalui akun twitter resmi KemensosRI, pesan berantai ini meminta untuk melakukan pendaftaran bansos PPKM dengan cara menjawab beberapa pertanyaan pada situs https://subsidippkm.online/pembagian-subsidi/?PPKMjuli . Pendaftar kemudian diminta membagikan ke teman melalui aplikasi WhatsApp yang selanjutnya akan mendapat konfirmasi melalui SMS.

“Jika kalian mendapatkan pesan seperti berikut ini, stop di kamu! Jangan disebarluaskan karena itu hoaks. Yuk pastikan saring sebelum sharing yuk!”

“Pesan tersebut adalah Hoaks. Kementrian Sosial tidak pernah membuat website untuk pendaftaran penerima bantuan sosial Rp300.000, apalagi berbentuk pesan berantai”

Diterangkan, sebagai upaya penanganan dampak pandemi, pemerintah mengeluarkan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dengan memberikan perlindungan sosial, salah satunya dalam bentuk Bantuan Sosial Tunai (BST). Sejak april 2020, Kementrian Sosial menyalurkan BST senilai Rp300.000/bulan melalui PT Pos Indonesia

Untuk tahun 2021, BST disalurkan bulan januari hingga april. kemudian BST ditambah dua bulan yakni bulan Mei dan Juni yang disalurkan sekaligus pada bulan juli.

Adapun penerima BST meupakan keluarga yang terdaftar dalam Data TErpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang diusulkan o;leh Pemerintah Daerah.

Untuk mengecek kepesertaan BST dapat melalui website https://cekbansos.kemensos.go.id/

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: