mgid.com, 610011, DIRECT, d4c29acad76ce94f
28 Juli 2021

Dua Warga PKU Palsukan Dokumen Swab PCR

Pekanbaru, detikriau.id  – Polresta Pekanbaru menangkap dua orang pelaku pemalsu hasil tes swab untuk syarat perjalanan transportasi udara, HH (38) dan Jo (26).

Kedua Tsk dipersangkakan melanggar pasal 263 dan atau pasal 268 KUHPidana tentang pemalsuan dokumen atau menggunakan surat palsu.

Dalam keterangan Persnya, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol H. Nandang Mu’min Wijaya, jumat (2/7/21) menerangkan, kronologis kejadian bermula pada selasa (29/6). Saat itu HH akan melakukan perjalanan melalu Bandara SSQ II Pekanbaru. Saat validasi diketahui surat hasil test swab yang dimiliki Tsk tidak valid, sehingga pihak KKP Bandara melaporkan kejadian tersebut kepada Polsek Bukit Raya.

Menerima laporan, personil kepolisian mendatangi TKP dan melakukan introgasi. HH-pun mengakui bahwa surat yang dimilikinya adalah palsu. Diterangkan HH, surat itu diperolehnya dari karyawannya, JO yang diperintahkan olehnya untuk mencetak surat hasil pemeriksaan laboratorium PCR covid-19 menggunakan nama salah satu rumah sakit di PKU untuk melakukan perjalanan ke Jakarta.

Baca juga: Kompol Imam Ziadi Divonis Penjara Seumur Hidup

Jo kemudian ditangkap kepolisian Polsek Bukit Raya pada rabu (30/6) di kantor milik HH di Jl M Yamin Kecamatan Tampan.

“Jadi tersangka HH ini tidak melewati prosedur yang semestinya untuk bisa mendapatkan hasil Swab yang sesuai dengan aturan” Sebut Kapolresta Pekanbaru.

Menurut Nandang, akibat perbuatannya kedua Tsk dikenakan pasal 263 dan atau pasal 268 K.U.H.Pidana tentang pemalsuan surat atau menggunakan surat palsu atau memalsukan surat keterangan dokter.

“Kita sangat apresiasi kinerja Polsek Bukit Raya dan Petugas KKP Bandara Sultan Syarif Qasim II kota Pekanbaru, apalagi saat ini kita benar-benar sedang berjuang dalam memutus mata rantai Penyebaran Covid-19” Akhiri Nandang./dro

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: