mgid.com, 610011, DIRECT, d4c29acad76ce94f
28 Juli 2021

Magang ke Jepang? Pendaftaran Masih Dibuka Hingga 4 Juli 2021

Pekanbaru, detikriau.id – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Riau telah menerima 120 orang calon peserta magang kerja ke Jepang melalui Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker). Pendaftaran calon peserta magang masih dibuka hingga 4 juli 2021.

“Sampai saat ini sudah 120 peserta yang mendaftar. Ini kesempatan bagi generasi muda Riau untuk mendapatkan ilmu dan mendapat kesempatan kerja setelah pulang dari luar negri. Apalagi tahun ini merupakan tahun pertama bagi Riau, setelah mendapatkan penalti dari pemerintah pusat,” jelas Kepala Disnakertrans Riau, Jonli, Selasa (22/6).

Dijelaskan Jonli, penalti yang diberikan oleh Pemerintah pusat setelah lima tahun yang lalu Riau mengirimkan peserta magang keluar negri, namun ditengah jalan banyak dari peserta yang mundur dan pulang kembali ke Indonesia karena tidak mampu dan tidak tahan berlama di luar negri.

“Akhirnya kena penalti dan Riau tidak bisa ikut lagi, ini baru tahun pertama dimulai lagi. Kalau magang kerja di luar negri itukan bisa tiga sampai lima tahun,” ungkap Jonli.

“Jadi pernah kejadian peserta kita itu baru setahun tak sanggup dan balik, dan setelah lima tahun ini mulai lagi, kita mengharapkan orang yang pergi magang ini mental harus siap. Bagi yang tidak mampu dan tidak tahan lebih baik tidak mendaftar,” tegas Jonli.

Baca juga: Polda Riau Bekuk Komplotan Pecah Kaca

Bagi calon peserta magang ke Jepang, Jonli meminta agar peserta menyiapkan seluruh administrasi yang lengkap. Pasalnya, Disnakertrans Riau hanya menyaring dan menerima pendaftaran. Selanjutnya untuk penetapan peserta yang terpilih ditentukan oleh Kemenaker.

“Kita hanya menerima pendaftaran dan menyaringnya, selanjutnya yang sudah terdaftar kita laporkan ke pusat, disaring secara administrasi sesuai dengan yang diumumkan di brosur yang telah kita sebar. Ada persyaratan khusus dan persyaratan umumnya, kalau di Riau tentu KTP Riau minimal dua tahun. Kartu keluarga, SKCK, kartu kuning, ijazah, tamatan SMA sederajat, dan ada lagi persyaratan lainnya, kirim ke Disnakertrans Riau,” kata Jonli mengakhiri./MCR/dro

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: