mgid.com, 610011, DIRECT, d4c29acad76ce94f
28 Juli 2021

DPRD Meranti Beri Catatan dan Rekomendasi LKPj Kepala Daerah Tahun 2020

Selatpanjang, detikriau.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kepulauan Meranti memberikan catatan-catatan dan rekomendasi terhadap Laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPj) tahun anggaran 2020 dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kepulauan Meranti, Senin (10/5/2021) malam.

LKPj yang merupakan laporan kinerja pemerintah dalam satu tahun anggaran diukur melalui evaluasi kinerja pemerintah daerah.

“Kami memandang bahwa rapat Paripurna dewan malam ini sangat penting, karena DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti akan menyerahkan catatan dan rekomendasi berupa Keputusan DPRD, tentang pelaksanaan pemerintahan terhadap LKPj kepala daerah tahun 2020. Pembahasan LKPj kepala daerah ditetapkan dalam keputusan DPRD Kepulauan Meranti dalam catatan-catatan dan rekomendasi yang sifatnya strategis untuk dipedomani oleh kepala daerah dalam melaksanakan tugasnya,” kata Wakil ketua DPRD Kepulauan Meranti, H  Khalid Ali saat memimpin sidang paripurna.

Adapun bentuk catatan dan rekomendasi tersebut, kata Khalid Ali meliputi administrasi, kebijakan dan hukum serta urusan pemerintahan lainnya.

Disampaikan Khalid Ali, LKPj kepala daerah tahun anggaran 2020 telah dibahas oleh panitia khusus (Pansus) DPRD yang khusus mengulas LKPj tersebut. Dimana LKPj tersebut  disampaikan kepada DPRD oleh Bupati Kepulauan Meranti, pada rapat paripurna DPRD 19 April 2021 yang lalu.

Dengan telah diserahkahnya catatan dan rekomendasi dewan terhadap LKPj kepala daerah Kepulauan Meranti tahun 2020 maka seluruh tahapan pembahasan telah dirampungkan dan Pansus ysng membahas LKPj juga telah dibubarkan.

Selanjutnya menjadi kewajiban bupati dan wakil bupati untuk untuk memperhatikan saran terhadap catatan dan rekomendasi Dewan yang telah disampaikan untuk perbaikan pemerintah daerah kedepan dalam mensejahterakan masyarakat Kepulauan Meranti kedepannya dimasa yang mendatang.

“LKPj Kepala Daerah telah dibahas secara internal oleh DPRD melalui Pansus dan juga telah dilakukan pembahasan bersama OPD terkait dan Pansus telah bekerja sesuai dengan mekanisme yang ada dan dilanjutkan dengan laporan Pansus I yang akan ditetapkan menjadi keputusan dewan sebagai rekomendasi DPRD terhadap LKPj Kepala Daerah tujuannya adalah untuk memberikan rekomendasi masukan dan saran kepada pemerintah daerah dalam rangka perbaikan penyelenggaraan pemerintahan daerah kedepannya,” ujar Khalid Ali.

1 thought on “DPRD Meranti Beri Catatan dan Rekomendasi LKPj Kepala Daerah Tahun 2020

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: