mgid.com, 610011, DIRECT, d4c29acad76ce94f
28 Oktober 2021

Ayam KUB Part IV, Dengan Pakan Olahan, Usia 2 Bulan bobot rata-rata 0,8 Kg

Detikriau.id – Diakhir minggu ke delapan, atau genap usia 2 bulan, ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KUB) diperternakan ujicoba kami, NadienFarm di Kecamatan Tembilahan Hulu kabupaten Inhil, Riau, sudah berbobot rata-rata  0,8 Kg.

Terhitung sejak usia anakan 21 hari, pakan mulai dicampur dengan pakan fermentasi dengan bahan utama ampas tahu dan dedak padi. Meski tetap menggunakan tambahan pakan pabrikan, tapi penggunaan dalam porsi yang relatif sedikit. Dengan campuran harga bahan lokal yang dibeli didaerah kami, pakan olahan kami memerlukan biaya sekira Rp4 ribu per Kg.

Foto: Nadien Farm 2021

Penggunaan campuran pakan fermentasi disamping mampu mengawetkan pakan tambahan, ampas tahu dan dedak padi, juga dapat meningkatkan kadar mutu pakan. Disamping itu, kotoran ayam sama sekali tidak menimbulkan bau yang dapat mengundang hama lalat dan mengganggu lingkungan.

Untuk menjaga kesehatan ayam, satu minggu sekali pakan dicampur dengan bahan rempah dapur, jahe merah, kencur, lengkuas dan sereh. Penggunaan tambahan bahan-bahan ini terbukti kesehatan ayam tetap terjaga, meski sejak usia DOC hingga minggu ke delapan, peternakan kami diterpa cuaca ekstrim dengan curah hujan tinggi.

Disamping itu, penggunaan bahan rempah, rasa daging juga nantinya diharapkan akan lebih gurih dibandingkan daging ayam kampung pada umumnya.

Anakan ayam yang kami ternakan pada periode pertama ini kami programkan untuk dijadikan indukan. Diperkirakan mulai usia 5 atau 6 bulan, ayam sudah mulai bertelur. Harga indukan usia 5 bulan yang ditawarkan di lapak online pada saat ini berkisar Rp150.000 per ekor. Sedangkan harga telur pada kisaran Rp3.000– Rp3.500 per butir.

Tonton Videonya:

Nadien Farm

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: