mgid.com, 610011, DIRECT, d4c29acad76ce94f
27 Juli 2021

Safari di Enok, Bupati Inhil Sampaikan Peningkatan Kasus Covid-19 di Inhil

“Kalau status kita masih zona oranye saat Idul Fitri, maka kita dilarang untuk salat Ied berjamaah di Masjid dan lapangan. Salatnya jadi di rumah,”

Enok, detikriau.id – Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan lakukan safari zuhur ramadhan di Kecamatan Enok yang diawali dengan penyaluran bantuan paket premium Ramadhan dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Inhil, Rabu (5/5/2021).

Kegiatan ini turut dihadiri sejumlah pejabat eselon di lingkungan Pemerintah Kabupaten Inhil. Kedatangan Bupati disambut langsung oleh Camat Enok, Lurah dan Kepala Desa beserta jajarannya.

Kegiatan Safari Ramadhan pada tahun ini berlangsung sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Biasanya safari Ramadhan berbarengan dengan waktu berbuka puasa, saat ini dilaksanakan sehabis shalat zuhur karena adanya larangan acara berbuka puasa bersama.

Berbagai harapan disampaikan Bupati Inhil, HM Wardan dalam acara tersebut, salah satunya adalah perihal kondisi pandemi Covid-19 di Kabupaten Inhil yang saat ini mengalami lonjakan sehingga Kabupaten harus berstatus zona oranye penyebaran Covid-19.

Bupati mengungkapkan kekhawatirannya perihal kondisi Covid-19 Kabupaten Inhil. Dia mengungkapkan, kemungkinan peniadaan salat Idul Fitri berjamaah di Masjid dan Lapangan pada tahun ini.

“Kalau status kita masih zona oranye saat Idul Fitri, maka kita dilarang untuk salat Ied berjamaah di Masjid dan lapangan. Salatnya jadi di rumah,” ungkap Bupati saat menyampaikan sambutan dihadapan para Mustahik dan warga Enok lainnya.

Agar kemungkinan itu tidak terjadi, Bupati mengimbau para Mustahik dan warga Enok agar dapat mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun di air yng mengalir.

“Mudah-mudahan menjelang akhir Ramadhan terjadi penurunan sehingga kita dapat melaksanakan sholat idul fitri berjamaah di mesjid dan lapangan,” kata Bupati.

BACA Juga : Mulai Besok Pembelajaran di Seluruh Tingkatan Pendidikan di Inhil Kembali Secara Daring

Selain soal Covid-19, Bupati juga menyinggung masalah pembangunan di wilayah Kecamatan Enok. Dia berharap, agar perencanaan pembangunan di sana dapat terlaksana sesuai target meski dengan keterbatasan anggaran .

“Pagu anggaran untuk pembiayaan pembangunan pada tahun ini tidak bisa maksimal karena kita juga harus membiayai penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Indragiri Hilir. Jadi, Saya harap masyarakat Enok dapat tetap optimis dan bersabar menjelang kondisi normal,” jelas Bupati.

Berkenaan dengan zakat, Bupati meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah di semua jenjang pemerintahan dapat memotong zakat penghasilan mereka.

“Dengan begitu, kita bisa membantu saudara-saudara kita yang mungkin saat ini berstatus tidak mampu, berada dalam kondisi kesusahan, apalagi di masa pandemi ini,” tutup Bupati./*

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: