mgid.com, 610011, DIRECT, d4c29acad76ce94f

“Sementara untuk mudik nasional dari luar daerah, tetap ikut kebijakan pemerintah pusat sehingga masyarakat yang kedapatan nekat mudik akan dikarantina.”

Pekanbaru, detikriau.id  – Gubernur Riau Syamsuar kembali mengeluarkan kebijakan baru terkait mudik lokal di Riau. Mudik lokal yang sempat dilarang kini diizinkan lagi.

Izin mudik lokal disampaikan Syamsuar seusai rapat dengan pejabat Riau di bandara SSK II Pekanbaru, Rabu (21/4/2021). Mantan Bupati Siak itu memberikan izin mudik lokal.

“Mudik lokal bisa, masih diperbolehkan. Tetapi kalau sakit, ya, tidak boleh,” tegas Syamsuar.

Syamsuar menilai banyak mahasiswa dan pelajar di Riau sekolah di luar daerahnya sehingga mereka yang ingin mudik harus memenuhi beberapa persyaratan.

“Sama seperti tahun lalu, kan ada adik-adik dari mahasiswa, pelajar mau pulang ya kita cek antigen. Banyak dari pondok pesantren kita cek dulu kesehatannya, kalau sehat ya boleh, Pekanbaru ke Kuantan Singingi,” ujar Syamsuar.

Sementara untuk mudik nasional dari luar daerah, Syamsuar memastikan tetap ikut kebijakan pemerintah pusat sehingga masyarakat yang kedapatan nekat mudik akan dikarantina.

“Kalau ada pelanggar tanggal 6 ini, kami siapkan bekas SPN Polda Riau di Rumbai. Kalau melanggar kita tempatkan di sana, dikarantina, kabarnya itu banyak hantunya,” kata Syamsuar.

Lewat kebijakan itu, Syamsuar berharap masyarakat tak melakukan mudik Lebaran tahun ini. Apalagi penambahan kasus COVID-19 di Riau kini tertinggi di Sumatera.

“Intinya kita harapkan agar mereka tidak pulang. Pekanbaru sekarang sudah zona merah, besok kita bahas sama majelis ulama dan Pemko karena Pekanbaru ini yang jumlahnya meningkat positif COVID-19,” katanya.

“Saya tahu mereka sayang sama orang tuanya. Tentunya taati aturan ini untuk menyelamatkan keluarga kita semua,” tegas Syamsuar.

Diketahui, Pemprov Riau awalnya memberi izin mudik lokal bagi masyarakat Riau. Izin mudik itu kemudian dibatalkan seusai rapat bersama membahas perkembangan kasus COVID-19 di Riau yang angkanya terus naik drastis.

Terbaru, Syamsuar memberikan izin mudik lokal bagi masyarakat dengan beberapa syarat. Salah satunya harus sehat jasmani saat akan mudik dengan menempatkan tim medis di beberapa titik.

Sumber: detikcom

Tinggalkan Balasan