mgid.com, 610011, DIRECT, d4c29acad76ce94f

Detikriau.id – Siapa yang tidak kenal dengan buah alpukat. Daging buah tanaman yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah ini sangat banyak digemari dan memiliki berjuta manfaat untuk kesehatan.

Daging buah alpukat nikmat disantap dalam kondisi matang, dengan tekstur daging buah lembut, manis dan beraroma khas.

Namun sayangnya buah alpukat yang diperdagangkan dipasaran kebanyakan dijual masih dalam kondisi mentah.

Untuk mematangkannya, buah biasanya terlebih dahulu harus kembali diperam. Sebagian orang bahkan memanfaatkan “karbit” untuk mempercepat proses pematangan.

Namun tahukah kamu ada cara sederhana yang bisa mematangkan buah alpukat dengan sempurna tanpa harus diperam termasuk dengan mempergunakan karbit.

Mengutip kompasiana.com, untuk mempercepat proses pematangan, biasanya buah alpukat yang masih hijau diperam dalam beras. Tapi hasilnya tidak memuaskan karena pematangan tidak merata, sebagian sudah matang dan sebagian lagi masih keras.

ilustrasi buah alpukat/Foto: Boldsky

Jika menggunakan karbit, aroma daging buah alpukat menjadi sangat tidak enak, disamping bahaya yang mungkin ditimbulkan.

Ternyata ada cara yang mudah, yakni buah Alpukat ditusuk dengan lidi yang bersih, mulai dari bekas  tampuk buah hingga tembus daging buah hingga batang lidi menyentuh biji buah. Setelahnya buah cukup diletakan di tempat yang bersih. Dalam 2 atau 3 hari, buah alpukat sudah matang secara merata dan siap untuk dinikmati.

Manfaat buah alpukat

Mengutip hellosehat.com, buah alpukat ternyata punya beragam manfaat untuk kesehatan. Selain rasanya enak, kandungan nutrisi buah alpukat dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi harian Anda.

Alpukat tidak hanya punya tekstur yang unik dan rasa yang enak, tetapi juga memiliki kandungan yang luar biasa. Ada karbohidrat, protein, lemak, vitamin, hingga mineral yang memperkaya kandungan buah ini. Selain itu, alpukat mengandung gizi yang penting untuk kesehatan, yaitu folat. Terdapat sekitar 81 mcg atau 0,081 mg folat di dalam 100 g alpukat. Alpukat juga kaya antioksidan, seperti lutein. Hal ini terbukti karena di dalam 100 g alpukat, terdapat 271 mcg atau sekitar 0,271 mg lutein.

Dengan berbagai kandungan unsure penting itu, alpukat disebutkan mampu menjaga kesehatan jantung, menurunkan risiko gangguan metabolic, mencegah cacat lahir pada janin, melancarkan sistem pencernaan, menjaga kesehatan kulit, menjaga kesehatan mata, mencegah kanker dan membantu pengobatannya.

Editor: dro

One thought on “Mau tau rahasia agar buah alpukat mentah bisa matang tanpa diperam?”

Tinggalkan Balasan