mgid.com, 610011, DIRECT, d4c29acad76ce94f

Detikriau.id – Setelah badai KLB menghantam Partai Demokrat, kini badai KLB melanda Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Bedanya desakan KLB PKB ini muncul dari kalangan internal.

Isu KLB PKB ini muncul selepas ada konflik personal antara salah satu pengurus DPC dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Gus Ami.

Isu KLB PKB ini muncul dari mantan Ketua DPC PKB Karawang, Ahmad Zamakhsyari alias Jimmy.

Melansir Gelora, Kang Jimmy menegaskan ia dan sejumlah kader PKB lain tetap menginginkan kongres luar biasa (KLB) digelar. Alasannya dia menemukan ada banyak pelanggaran anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) partai.

Malahan Kang Jimmy mengatakan, bukan cuma pelanggaran AD ART saja yang terjadi, amanat Muktamar Bali pun dilanggar pula.

Kang Jimmy yang merupakan mantan Wakil Bupati Karawang ini menunjukkan salah satu pelanggaran amanat Muktamar Bali, yaitu penunjukan DPC. Sesuai amanat Muktamar, DPC ditunjuk oleh DPP, tapi Kang Jimmy mengatakan penjaringan namanya tetap dilakukan oleh DPW.

Nah kata dia, praktik di lapangan DPP asal tunjuk sesuai keinginan mereka.

Pelanggarannya lainnya, Kang Jimmy menyoroti mekanisme musyawarah wilayah dan musyawarah cabang kerap tidak dijalankan. Carut marutnya yaitu ada Dewan Syuro yang tidak dilibatkan dan diikutsertakan dalam penandatanganan kebijakan penting partai, seperti SK dan yang lainnya.

Pelanggaran lainnya yakni soal kepengurusan ganda dan rangkap jabatan Pengurus DPP yang merangkap jadi ketua DPW.

“Mereka Ketua DPC mereka pengurus DPW. Sementara orang lain ini disingkirkan,” kata Kang Jimmy dikutip Tempo, Jumat 9 April 2021.

Kader DPC melawan

Internal PKB bergejolak dengan banyaknya pelanggaran aturan partai itu. Kang Jimmy mengungkapkan, selama ini kader-kader di tingkat DPC telah berusaha melawan pelanggaran tersebut.

Makanya wajar, perlawanan ini memunculkan dorongan KLB segara dilakukan agar Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin lebih memahami masalah tersebut.

“Temen-temen DPC PKB yang dirugikan nunggu momentum dan komando para Masayikh dan Ulama sepuh aja,” kata Jimmy.

KLB Disebut Tak Ada Kaitan Persoalan Konflik dengan Cak Imin

Kang Jimmy menuturkan KLB ini nggak ada kaitannya dengan konflik dia dengan Cak Imin beberapa waktu lalu. Sebab, perseteruannya dengan Cak Imin sudah bisa diselesaikan.

“Itu sudah selesai. Kita sudah saling memaafkan, tidak ada dendam, tidak ada apapun. Benar sudah selesai,” ujar Kang Jimmy kepada Tempo.

Dia menegaskan dorongan KLB ini berkaitan dengan adanya sejumlah pelanggaran AD ART atau konstitusi partai yang dilakukan oleh elite partai. Atas gejolak ini, Kang Jimmy meminta Cak Imin agar tahu persoalan. (*)

 

Tinggalkan Balasan