mgid.com, 610011, DIRECT, d4c29acad76ce94f

Tembilahan, detikriau.id – Warga Desa Lahang Hulu, Kecamatan Gaung, Kab Inhil, P (39) ditetapkan menjadi tersangka dugaan tindak pidana kebakaran lahan dan hutan (karlahut) atas kelalaiannya yang menyebabkan hangusnya sekira 4 hektar lahan di Parit 14 Kiri Dusun VI Longsari Desa Lahang Hulu.

Kepadanya, polisi menjerat dengan sanksi pidana pada pasal 188 atau 187 KUHPidana.

Diterangkan Kapolres Inhil, AKBP Dian Setyawan mellaui kasubbag Humas AKP Warno dalam keterangan persnya, rabu (31/3), informasi awal terjadinya karlahut didapat Bripda Faisal Sani dari pantauan satelit Aplikasi Lancang Kuning pada rabu, 10 maret 2021 sekira pukul 14.00 Wib.

4 Hektar Lahan yang terbakar di Desa Lahang Hulu Kecamatan Gaung Kabupaten Inhil/Foto: Arsip Polres Inhil/Ist

Informasi karlahut ditindaklanjuti dengan menghubungi Kepala Desa setempat dan dibenarkan bahwa di TKP terjadi karlahut.

Selanjutnya Unit Tipidter bersama dengan Unit Reskrim Sek Gaung yang dipimpin Kasat Reskrim Polres Inhil melakukan penyelidikan pelaku karlahut.

“Setelah dilakukan gelar perkara, warga berinisial P ditetapkan sebagai tersangka dalam dugaan tindak pidana karena kesalahannya lupa (kealpaan) menyebabkan kebakaran,”Disampaikan AKP Warno.

“Terhadap terduga pelaku dilakukan penangkapan dan saat ini sudah diamankan di Mako Polres Inhil. Adapun luas lahan yang terbakar kurang lebih 4 hektar. Terduga pelaku dikenai pasal 188 KUHPidana atau Pasal 187 KUHPidana”. Akhiri AKP Warno./dro

Tinggalkan Balasan