mgid.com, 610011, DIRECT, d4c29acad76ce94f
28 Oktober 2021

Bukan Covid-19, Penyakit Ini Jauh Lebih Berbahaya. Di Indonesia Bunuh 11 orang Setiap Jam

Kadiskes Riau, Mimi Yuliani Nazir/Foto: MCR

Pekanbaru, detikriau.id – Kadiskes Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan bahwa penyakit tuberkulosis (TBC/TB) lebih dahsyat dibandingkan Covid-19.

Diterangkan Mimi, TB merupakan penyakit menular yang masih menjadi masalah kesehatan utama di Indonesia saat ini. Berdasarkan data WHO tahun 2020, 10 juta orang di dunia jatuh sakit karena TB dan 1,2 juta orang diantaranya meninggal dunia.

Lebih lanjut ia menginformasikan, Indonesia saat ini termasuk 8 negara yang menyumbang 2/3 kasus TB di seluruh dunia dan menempati posisi kedua setelah India dengan kasus sebanyak 845 ribu, dengan angka kematian sebanyak 98 ribu atau setara dengan 11 kematian per jam.

“Kalau kita lihat tentunya ini lebih dahsyat dibandingkan Covid-19,” katanya di Halaman Gedung Dharma Wanita Pekanbaru, Selasa (23/3/2021).

Mimi mengatakan bahwa saat ini Indonesia bahkan dunia masih dalam pandemi Covid-19, dengan angka kematian 2,4 persen dari jumlah 35 ribu kasus yang ada di Provinsi Riau.

“Tentunya ini menjadi perhatian kita semua selain Covid-19 masih ada penyakit yang mempunyai angka kematian cukup tinggi di negara kita,” imbuhnya

Untuk sekedar diketahui, setiap tanggal 24 Maret diperingati sebagai Hari Tuberkulosis, ini sebut Mimi merupakan momentum untuk mendorong penetapan TB sebagai isu prioritas pembangunan nasional, yang mana hal tersebut merupakan salah satu standar pelayanan minimum dalam bidang kesehatan.

“Ini merupakan salah satu dari standar pelayanan minimum yang ada dinasional salah satunya dibidang kesehatan yaitu bagaiman kita melakukan pengobatan, setiap masyarakat yang menderita TB harus mendapat pengobatan, sehingga beban kesehatan masyarakat dan ekonomi tidak semakin berat kalau permasalah TB ini bisa kita atasi,” tutupnya.

Sumber: MCR  Editor: dro

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: