mgid.com, 610011, DIRECT, d4c29acad76ce94f

“HM Wardan: Masyarakat jangan takut disuntik vaksin covid dan jangan mudah percaya informasi hoax”

Tembilahan, detikriau.id – Bupati Kabupaten Indragiri Hilir HM.Wardan diberikan penyuntikan vaksin Covid-19 tahap ke-dua  yang dilakukan di ruang Rapat lantai 4 Gedung Kantor Bupati Jl.Akasia No.1 Tembilahan. Selain Bupati, vaksinasi tahap II diikuti juga oleh Ketua TP PKK Hj. Zulaikhah Wardan, senin (15/3/2021)

Sebelum disuntik vaksin, HM.Wardan terlebih dahulu menjalani pemeriksaan kesehatan dari petugas medis.

Seusainya, Bupati Inhil HM.Wardan menyampaikan imbauan kepada masyarakat untuk tidak takut disuntik vaksin Covid-19 dan jangan mudah percaya dengan informasi hoax tentang vaksin. Ia juga meminta kepada tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk membantu mensosialisasikan proses vaksinasi.

“Tokoh agama, tokoh masyarakat, insan pers dan kita semua kiranya dapat mensosialisasikan atau menyampaikan bahwa vaksin Covid-19 aman,” ucap HM.Wardan

Perlu diketahui adapun saat pelaksanaan layanan vaksinasi, nantinya para penerima vaksin harus melewati 4 meja. Alur 4 meja ini sebagaimana tercantum dalam Keputusan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor HK.02.02/4/1/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Meja pertama untuk melakukan pendaftaran dan verifikasi data. Meja kedua, di meja ini petugas kesehatan melakukan anamnesa untuk melihat kondisi kesehatan dan mengidentifikasi kondisi penyerta (komorbid) serta melakukan pemeriksaan fisik sederhana, pemeriksaan meliputi suhu tubuh dan tekanan darah.

Di meja ketiga dilakukan pemberian vaksin, petugas memberikan vaksinasi secara intra muskular sesuai prinsip penyuntikan aman, petugas menuliskan nama sasaran, NIK, nama vaksin dan nomor batch vaksin pada sebuah memo. Memo diberikan kepada sasaran penerima untuk diserahkan kepada petugas di meja 4.

Sumber: prokopim Inhil

Tinggalkan Balasan