mgid.com, 610011, DIRECT, d4c29acad76ce94f
26 September 2021

Pesan Ketua Umum PP Muhammadiyah Menjelang Puasa Ramadan

YOGYAKARTA — Bulan Ramadan akan datang sebentar lagi. Sebagai langkah persiapan datangnya bulan suci Ramadan, ketua umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir menyampaikan beberapa nasihat. Salah satunya mengajak warga Muhammadiyah melaksanakan ijtihad Majelis Tarjih yang disetujui jajaran Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

“Apa yang telah digariskan oleh Majelis Tarjih, dan nanti dituntunkan oleh PP Muhammadiyah, mesti menjadi rujukan kita di dalam melaksanakan ibadah. Karena substansi dari tuntunan ibadah di bulan Ramadan saat ini sesungguhnya ada pada kaifiyatnya sebab kita berada dalam suasana pandemi,” tutur Haedar dalam Pengajian PP Muhammadiyah pada Jumat (12/3).

Haedar mengungkapkan bahwa ijtihad yang dikeluarkan Majelis Tarjih memiliki pandangan yang kokoh. Hal tersebut lantaran Majelis Tarjih berusaha menjawab realitas sosial dengan susunan nas al-Quran, teks Hadis, dan diperkaya dengan kaidah-kaidah hukum dalam Usul Fikih. Dengan kata lain, Fatwa Tarjih telah berhasil membuat teks-teks langit menyapa konteks sosial masyarakat.

Meski demikian, Haedar tidak memungkiri di bulan Ramadan nanti akan ada banyak perbedaan pandangan ihwal puasa. Perbedaan tersebut bagi Haedar tidak perlu dibesar-besarkan jika semua umat Islam fokus pada substansi dari puasa itu sendiri yaitu berusaha meningkatkan ketakwaan kepada Allah.

“Apapun kaifiyahnya, substansi yang harus terus kita tingkatkan dalam kaitan bulan Ramadan adalah la’allakum tattaqun, agar kita semakin menjadi orang yang bertakwa, lebih-lebih dalam menghadapi Covid-19. Karena puasa hadir setiap tahun, maka harus ada peningkatan kualitas,” ajak Haedar.

Halaman Berikutnya…

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: