mgid.com, 610011, DIRECT, d4c29acad76ce94f
19 April 2024

Malam Ini Sulut diguncang Gempa Bumi Magnitudo 7,1

0

Sulut – Gempa Bumi berkekuatan Magnitudo 7,1 mengguncang Kepulauan Talaud Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pukul 19:23:07 Wib, kamis (21/1/21).

BMKG melaporkan, pusat gempa berada di laut 134 km Timur Laut Melonguane pada kedalaman 154 Km.

Guncangan gempa dirasakan pada skala !V di Melonguane, Tahuna, dan Ondong. Skala III di Manado, Bitung, Bolaang Uki. Skala II-III di Gorontalo, Halmahera Utara, Galela, Halmahera Barat, dan Waisai, serta skala I-II di Ternate, Sofifi, dan Halmahera Tengah.

Mengutip okezone.com, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis menengah akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Filipina.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (Thrust Fault ),” ujar Prayitno.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

BMKG merekomendasikan kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Kemudian, menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah,” tulis BMKG.

Kemudian, pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi baik di Instagram, Twitter @infoBMKG, website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg./dro

Tinggalkan Balasan