mgid.com, 610011, DIRECT, d4c29acad76ce94f
29 Maret 2024

Dibawah Komando “Srikandi”, BUMDes Amanah Bertekat Menjadi Lembaga Usaha Desa Berkualitas

0

Gaung Anak Serka, detikriau.org – Melalui Visi “Menjadikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Amanah Bersama sebagai lembaga usaha desa yang berkualitas, yang mampu melayani masyarakat untuk mencapai kesejahteraan bersama”, Badan Usaha Milik Pemerintahan Desa Kuala Gaung Kecamatan Gaung Anak Serka (GAS) Kabupaten Inhil ini mulai menapak Unit Usaha disektor perdagangan.

Unit-unit usaha ini berupa penyediaan saprodi, Penampungan pucuk nipah dan penyediaan kebutuhan Gas LPG untuk kebutuhan masyarakat Desa.

Dengan Misinya, BUMDes Amanah Bersama mengolah potensi desa agar dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan masyarakat, memfasilitasi kelompok tani untuk meningkatkan organisasi, menjalin kerjasama dengan pihak lain untuk kemajuan BUMDes, serta mengembangkan potensi ekonomi desa sebagai kekuatan dalam mengembangkan usaha.

Direktur BUMDes Amanah Bersama, Dahlia Susanti menyebutkan bahwa pendirian BUMDes ini ditujukan untuk meningkatkan dan mempermudah penjualan dan penampungan hasil pertanian atau perkebunan masyarakat, kemudian berupaya meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes), membuka lapangan kerja, meningkatkan pengolahan dan pengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat, serta menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi perdesaan.

Berlandaskan Keputusan Kepala Desa Nomor : Kpts.39/KG/IV/2019 Tanggal 12 April 2019 Tentang Penetapan Pengurus BUMDes Amanah Bersama, Dahlia menerangkan, selain dirinya yang diamanahi menjabar selaku Direktur, Penasehat/Komisaris BUMDes milik Desa Kuala Gaung ini diamanahkan kepada H Syarif, selanjutnya Sekretaris Khairunnisa, Bendahara Razali, serta Pengawas yang diketuai oleh H Syarif, Wakil Ketua Hanafi, Sekretaris Muhammad Yani dan Anggota Tibul Eliyas.

Untuk sekedar mengabarkan, BUMDes merupakan instrumen pendayagunaan ekonomi lokal dengan berbagai ragam jenis potensi. Pendayagunaan potensi ini bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan ekonomi warga desa melalui pengembangan usaha ekonomi mereka.

Disamping itu, keberadaan BUMDes juga diharapkan mampu memberikan tambahan bagi peningkatan sumber Pendapatan Asli Desa (PADes), yang memungkinkan desa lebih mampu melaksanakan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan rakyat secara optimal./*

Tinggalkan Balasan