mgid.com, 610011, DIRECT, d4c29acad76ce94f
28 Maret 2024

Waduh, Trump-Kim Pulang dengan Tangan Kosong

0
Foto: Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden AS Donald Trump menghadiri pertemuan bilateral yang diperpanjang di hotel Metropole (REUTERS/Leah Millis)

Jakarta – Pertemuan antara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, Rabu (27/2/2019) dan Kamis, berakhir antiklimaks.

Kedua pemimpin kontroversial itu meninggalkan gedung pertemuan di Hanoi, Vietnam, tanpa kesepakatan apapun.

“Kedua pemimpin membicarakan berbagai cara untuk mempercepat denuklirisasi dan konsep-konsep yang didorong perekonomian,” kata juru bicara Gedung Putih Sarah Sanders, Kamis, dilansir dari Reuters.

“Tidak ada perjanjian yang dibuat saat ini, namun tim mereka menantikan pertemuan lanjutan di kemudian hari,” ujarnya.

Sebelumnya, Gedung Putih mengatakan pertemuan kedua pemimpin itu akan berakhir jauh lebih cepat dibandingkan yang dijadwalkan sebelumnya. Trump akan langsung meninggalkan lokasi pertemuan segera setelahnya, kata Gedung Putih.

Sanders tidak menjelaskan alasan perubahan jadwal tersebut.

Kim dan Trump telah meninggalkan Metropole Hotel, lokasi pertemuan mereka, pukul 13.25 WIB. Kim kembali ke Melia Hotel dan Trump menuju ke Marriott.

Foto: Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden AS Donald Trump berbicara di taman hotel Metropole selama Korea Utara-AS kedua. KTT di Hanoi, Vietnam 28 Februari 2019. (REUTERS / Leah Millis)

Konferensi pers solo Trump yang awalnya dijadwalkan pukul 15.50 WIB telah dimajukan menjadi pukul 14.00 WIB, menurut NBC News.

Indeks Kospi di Korea Selatan anjlok 1,74% setelah kabar pengakhiran pertemuan itu beredar, menurut data CNBC International hingga pukul 13.52 WIB.

sumber: CNBC Indonesia

Tinggalkan Balasan