mgid.com, 610011, DIRECT, d4c29acad76ce94f
16 April 2024

Mensos Targetkan Indonesia Bebas Prostitusi Tahun 2019

0

jakarta, detikriau.org – Mentri Sosial, Khofifah Indar Parawansa mentargetkan Indonesia Bebas prostitusi tahun 2019.

Berdasarkan data gambar yang dikutip dari laman detik.com, diseluruh Indonesia saat ini terdata sebanyak 168 lokasi prostisusi, 9 diantaranya berada di Provinsi Riau.

“Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) kabupaten/kota dan provinsi telah diundang untuk membuat target dan hitungan teknis penanganan anjal dan gepeng yang ditargetkan bebas pada 2017 dan prostitusi 2019,” kata Khofifah, dilansir melalui antara.com

Saat ini menurutnya terdata masih ada 168 daerah yang memiliki lokalisasi prostitusi.

Untuk itu, pemerintah telah menyiapkan beragam program untuk penanganan bagi para wanita dari lokalisasi prostitusi di Indonesia.

“Banyak pilihan bagi para wanita bekas dari lokalisasi prostitusi dengan beragam pelatihan kejuruan (vocational training) di Panti Sosial Karya Wanita (PSKW) Mulya Jaya, Pasar Rebo, Jakarta Timur,” tambah Mensos.

Bagi mereka yang tidak mengambil pilihan pelatihan, tetap bisa mendapatkan bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) Rp3 juta per orang dan Jaminan Hidup (Jadup) dengan indeks Rp10 ribu x 90 hari total Rp5.050.000,” jelasnya.

Selain itu, Kemensos juga menjalin kerja sama dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyediakan 2.000 pekerjaan di sektor garment di Boyolali yang dilengkapi asrama.

“Lapangan kerja tidak hanya bagi wanita bekas lokalisasi, tapi juga bisa diperuntukan bagi para bekas Tenaga Kerja Indonesia/Wanita (TKI/W) yang dideportasi dari negeri jiran, Malaysia,” katanya. /dro

Tinggalkan Balasan